Piala AFF 2018: Prediksi Timnas Indonesia Vs Timor Leste, Misi Wajib Menang Skuad Garuda

Piala AFF 2018 Prediksi Timnas Indonesia Vs Timor Leste Misi Wajib Menang Skuad Garuda (Dok: PSSI)

Covesia.com - Laga melawan timnas Timor Leste bakal menjadi krusial bagi Timnas Indonesia untuk menjaga peluang mereka di Grup B Piala AFF 2018. Kemenangan menjadi harga mati dalam laga yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sore ini, Selasa (13/11/2018).

Peluang Garuda cukup berat setelah skuat arahan Bima Sakti kalah 0-1 dari Timnas Singapura pada laga tandang. Selain menghadapi Timor Leste, Merah Putih juga akan melawan Thailand dan Filipina di Grup B Piala AFF 2018.

Di atas kertas, Timnas Indonesia memang beda kelas dengan Timor Leste. Namun, skuat Garuda kerap kesulitan saat menghadapi tim yang mengandalkan fisik dan permainan keras di lapangan seperti ketika dikalahkan Singapura.

Tim Merah Putih tak boleh terpaku dengan strategi dari serangan sayap saja. Kombinasi umpan cerdik di kotak penalti atau percobaan dari luar garis 16 juga mesti dilancarkan.

Ditonton pendukung setia bisa menjadi motivasi sekaligus beban, begitu pula dengan meraih kemenangan. Di atas kertas Timnas Indonesia unggul atas Timor Leste, namun di matchday pertama Tim Merah Putih tidak mampu berkutik di atas lapangan kendati hitung-hitungan di atas kertas berpihak kepada mereka.

Tim tamu memang mengawali kiprah di Piala AFF edisi ke-12 dengan kalah 0-7 dari Thailand, tapi Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan juga belum layak disepadankan dengan Tim Gajah Putih. Lupakan dulu meraih kemenangan besar, perhatikan organisasi permainan.

“Kami tahu Timor Leste tidak bisa dianggap remeh. Kami juga masih ingat waktu di SEA Games 2017 ketika mereka bermain keras dan pemain kami terpancing emosi,” kata Bima Sakti.

“Untung saja kami bisa menang dan saya berharap pemain tidak lagi emosi dan bermain sabar,” ucap Bima Sakti menambahkan. Kata Bima Sakti, Kejadian waktu SEA Games 2017 itu biarkan menjadi sebuah pelajaran berharga bagi pemain timnas Indonesia.

Ia berharap tidak ada pemainnya yang mendapatkan kartu sehingga harus absen di laga melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018).

“Semua pemain harus fokus dan setelah ini kami akan melawan Thailand,” tutup Bima Sakti.

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.

Pelatih: Bima Sakti

Timor Leste: Aderito Fernandes;Jorge Sabas Victor, Gumario Augusto Fernandes Da Silva Moreira, Nelson Sarmento Vegas, Candido Monteiro De Oliveira;Adelino Trindade Coelho Manek De Oliveira, Filomeno Junior Da Costa, Nataniel De Jesus Reis;Joao Pedro Da SIlva Freitas, Rufino Walter Gama, Henroque Wilson Da Cruz Martins.

Pelatih: Norio Tskitate

Prediksi Skor

Dipastikan tanpa Putu Gede dibek kanan, Indonesia masih memiliki Gavin Kwat untuk mengisi posisi tersebut. Jika mampu bermain sabar dalam laga ini, Timnas Indonesia diprediksi mampu meraih kemenangan telak. Apalagi laga ini juga dimainkan dikandang sendiri. Quartet Lilipaly, Beto, Irfan Jaya dan Febry diharapkan mampu memberikan keunggulan untuk Indonesia. Covesia memprediksi laga ini dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 3-0.

(ykl)

Berita Terkait

Baca Juga