Pasca Banjir di 50 Kota, Taram dan Andaleh Batal Dilewati Pebalap TdS di Etape V

Pasca Banjir di 50 Kota Taram dan Andaleh Batal Dilewati Pebalap TdS di Etape V Pebalap Tour de Singkarak start pada etape 4 di Padang, Rabu (7/11/2018)(Foto: Covesia/ Primadoni)

Covesia.com - Tepat pukul 10.00 WIB pagi ini, sebanyak 91 pebalap TdS dilepas menuju Kabupaten Pasaman di Kantor Bupati Limapuluh Kota. para pembalap di etape V ini tidak melalui rute awal yang disepakati panitia. Kenagarian Taram dan Andaleh, gagal dilewati pebalap TdS karena kondisi jalan yang masih berlumpur dan banyak sampah karena pasca banjir. 

Rute etape V yang awalnya melewati jalan Batu Bolang,  Bukik Limbuku, Taram serta Andaleh akhirnya batal.

Setelah dilakukan kajian kembali oleh panitia serta sejumlah instansi,  rute tersebut tidak layak untuk dilewati. Hal itu dampak dari banjir yang sempat merendam jalan tersebut beberapa hari terakhir ini. Meski air sudah kering, tetapi masih meninggalkan bekas dari luapan banjir. Jalan berlumpur, sampah berserakan serta adanya aroma tidak sedap disepanjang rute  kawasan tersebut.

"Rute etape V berubah," kata Kompol Basrial Kabag Ops Polres Payakumbuh saat konferensi pers di Payakumbuh, Kamis pagi (08/11/2018).

Rute etape V berubah, tidak lagi melewati Taram dan Andaleh. Melainkan langsung ke Kota Payakumbuh setelah memutari kelok sembilan.

Memasuki kota Payakumbuh, pembalap langsung ke tugu Adipura dan belok kiri ke Pasar ibuh. Kemudian melaju ke Labuah Basilang, Sawah Padang, Limbukan dan ngalau indah. Setiba di ngalau lanjut ke Piladang menuju garis finish di Pasaman.

Sebelumnya, sejak Sabtu (4/11) lalu, sejumlah titik ruas jalan di rute TdS etape V,  dari Batu Bolang, Bukik Limbuku, Taram dan Andaleh direndam banjir setinggi dada orang dewasa. Setelah air kering, luapan banjir meningglkan bekas. Jalan becek, berlumpur bau dan sampah  berserakan. Dari pagi hingga siang pada H-1 atau Rabu (7/11/2018) petugas pemadam kebakaran pun bekerja keras untuk menyemprot badan jalan hingga bersih. Tiga unit mobil Damkar pun dikerahkan. Tetapi, sorenya rute tersebut akhirnya batal untuk dilewati. Sampai malam pun, belum ada pernyataan resmi dari panitia atau EO TdS serta Pemkab Limapuluh Kota terkait dialihkannya rute TdS etape V ini. 

Kontributor Limapuluh Kota: Hajrafiv Satya Nugraha

Berita Terkait

Baca Juga