Ini Ruas Jalan Payakumbuh yang Ditutup Saat Penyelenggaraan Tour de Singkarak

Ini  Ruas Jalan Payakumbuh yang Ditutup Saat Penyelenggaraan Tour de Singkarak Peserta TDS 2018.

Covesia .com- Selama dua hari, Kamis (8/11) sampai dengan Jumat (9/11) akan dilakukan penutupan dibeberapa ruas jalan Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar) untuk penyelenggaraan Tour De Singkarak (TDS) 2018.

Masyarakat Kota Payakumbuh yang akan beraktivitas diharapkan mencari jalan alternatif agar tidak terjebak macet.

Kabag Ops Polres Payakumbuh, Kompol Basrial menjelaskan, pada hari Kamis, para pembalap TDS yang bertanding di etape V akan start di Kantor Bupati Limapuluh Kota di Sarilamak. Kemudian pembalap ini menuju kawasan kelok sembilan dan berputar kembali ke Tanjung Pati.

Dari sini, jelas dia, pembalap akan melaju lurus hingga ke Tugu Adipura, Kota Payakumbuh. Kemudian berbelok ke kiri menuju Simpang Labuah Basilang. Di simpang ini pembalap belok kanan ke arah Simpang Limbukan dan berbelok lagi ke Ngalau. Barulah dari Ngalau, peserta melaju ke jalan lintas Sumatera arah Piladang.

“Demi mensukseskan helatan TDS 2018 ini, Panitia meminta kepada seluruh masyarakat yang ada di sepanjang rute ini untuk bisa memanfaatkan jalan sebelum panitia menutup arus lalu lintas. Atau mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan,” kata dia Rabu (7/11/2018).

Jadwal penutupan jalan dilakukan satu jam sebelum dan sesudah peserta TDS melintasi rute. "Karena di etape V ini peserta dilepas pukul 10.00 WIB, maka jalanan akan ditutup pukul 09.00 - 11.00 WIB," jelas dia.

Sedangkan untuk hari Jumat, penutupan jalan akan dilakukan hampir diseluruh jalanan Kota. Pada etape IV ini, Kota Payakumbuh terpilih sebagai tempat finish peserta.

Sebelum peserta finish di Medan Bapaneh, Ngalau Indah, peserta terlebih dahulu memutari Kota Payakumbuh.

Rute yang dilalui peserta TDS 2018 ini dimulai dari kedatangannya dari Piladang Batas Kota Payakumbuh melaju ke Simpang Ngalau. Di pertigaan Balai Panjang belok kanan menuju Limbukan. Sesampai di pertigaan Limbukan belok kiri menuju Labuah Basilang.

Kemudian belok kiri ke Tugu Adipura. Dari Tugu Adipura belok kanan menuju Koto Nan Gadang. Kemudian lurus menuju Kaning Bukit dan terus menuju Tanjung Anau.

Di Simpang Tanjung Anau, peserta akan belok kiri menuju Talawi dan keluar di simpang Perambahan, tepatnya di simpang rumah dinas ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Setelah itu, pembalap belok kiri menuju simpang Bunian dan belok kanan ke simpang Kasda. Sampai di simpang Kasda, belok kanan menuju Koto Nan IV dan terus melaju sampai finis di Ngalau, Komplek Medan Bapaneh Kota Payakumbuh.

"Di prediksi peserta TDS akan memasuki Kota Payakumbuh pukul 16.00 WIB. Jadi jalanan akan ditutup pukul 15.00-17.00 WIB," kata Basrial.

Basrial juga mengatakan pihak kepolisian meminta kepada masyarakat dan pedagang, selama acara TDS berlangsung untuk tidak berjualan maupun parkir kendaraan di tepi jalan.

"Ini pasti membahayakan bagi pembalap karena laju sepeda mereka cukup kencang. Selain itu juga akan merugikan pedagang maupun pemilik kendaraan jika terjadi tabrakan," katanya.

Kontributor Payakumbuh : Hajrafiv Satya Nugraha

 

 

Berita Terkait

Baca Juga