Dalam Sejarah, Bukittinggi Sudah Dua Kali Jadi Lokasi Opening dan Grand Start TdS

Dalam Sejarah Bukittinggi Sudah Dua Kali Jadi Lokasi Opening dan Grand Start TdS Start etape pertama Tds X 2018 di Bukittinggi, Minggu (4/11/2018)(Foto: Covesia/ Debi K)

Covesia.com - Pada tahun 2018 ini, kota Bukittinggi, Sumbar dipercaya menjadi lokasi opening dan grand start Tour de Singkarak yang ke X.

"Ini menjadi kedua kalinya Bukittinggi dipercaya menjadi lokasi opening dan grand start ajang balapan Internasional Tour de Singkarak," kata Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatis, Minggu (4/11/2018) usai melepas Grand Start TdS di lapangan Wirabraja Bukittinggi.

Ia menjelaskan Tour de Singkarak tahun 2018 ini menjadi kedua kalinya kota Bukittinggi dipercaya jadi opening dan grand start setelah sebelumnya juga dipercaya jadi tuan rumah pada tahun 2013 silam dengan lokasi grand start di kawasan Jam Gadang.

"Kota Bukittinggi ditunjuk langsung oleh pemerintah propinsi karena dipercaya mampu dan bisa menjadi tuan rumah untuk ajang internasional ini," ucapnya. 

Ia menambahkan apalagi kota Bukittinggi sebagai kota pariwisata yang diyakini mampu memberikan kenyaman bagi tamu. Dan Bukittinggi juga sering kali jadi tuan rumah dalam kegiatan nasional.

Pada Tour de Singkarak ke X ini para pebalap dari 26 negara dengan 224 pebalap akan menempuh rute sepanjang 1297 kilometer dengan 8 etape. 

Adapun delapan etape yakni etape 1, Bukittinggi - Sijunjuang, etape 2, Sawahlunto -  Dharmasraya, etape 3, Singkarak - Tanah Datar, etape 4, Padang - Agam, etape 5, 50 kota - Pasaman, etape 6, Solok - Payakumbuh, etape 7, Padang Panjang - Solok Selatan, etape 8, Pesisir Selatan - Kota Pariaman.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga