Wali Kota Yogyakarta Bangga jadi Kota Pertama Pawai Obor Asian Games 2018

Wali Kota Yogyakarta Bangga jadi Kota Pertama Pawai Obor Asian Games 2018 Susy Susanti (kanan) bersama Ketua INASGOC Erick Thohir (ketiga dari kiri) membawa api obor Asian Games 2018 di New Delhi, India (Dok: INASGOC)

Covesia.com - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan rasa bangganya karena Yogyakarta terpilih sebagai kota pertama di Indonesia dalam rangkaian pawai obor Asian Games 2018.

"Ini adalah sebuah kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta karena mendapat kehormatan dan kesempatan yang sangat langka untuk bisa menyelenggarakan pawai obor Asian Games yang pertama kali di Indonesia sebelum dibawa ke kota-kota lain," kata Haryadi seusai menerima estafet obor yang dibawa Sekjen INASGOC Eris Herryanto di Tugu Yogyakarta, Kamis (19/07/2018).

Ia berharap semangat obor Asian Games 2018 yang sudah dikirab dari Pagelaran Keraton Yogyakarta melintasi sejumlah ruas jalan utama di Yogyakarta dan berakhir di tugu tersebut juga dapat semakin menyulut semangat masyarakat Yogyakarta dan Indonesia untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games yang akan berlangsung satu bulan lagi.

"Tidak hanya sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi. Masyarakat Yogyakarta mendoakan agar seluruh atlet yang bertanding dapat meraih prestasi terbaik untuk Indonesia," katanya.

Haryadi pun mengucapkan terima kasih terhadap antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Kota Yogyakarta saat menyambut pawai obor Asian Games di sepanjang jalan yang dilalui.

Di sepanjang rute yang dilalui, puluhan ribu warga termasuk siswa sekolah terlihat antusias menyambut pawai obor dengan mengibarkan bendera Indonesia. Banyak pula yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil swafoto.

Setelah menerima obor, Haryadi didampingi sejumlah pejabat Forkopimda Kota Yogyakarta kemudian memindahkan api ke dalam tinder box sehingga api tetap akan aman saat dibawa untuk pawai selanjutnya di Kota Solo Jawa Tengah.

Dalam pawai obor tersebut, sejumlah atlet dan mantan atlet nasional juga ikut berpartisipasi dengan berlari mengiringi obor, di antaranya Finarsih, Asep Santoso, Kamila Lituhaya, Rahmat Sulistiyawan, Nurhayati, Etti Hendrawati, Nabila Marwa Khaerunisa, dan Hendra Purnama.

Haryadi kemudian menyerahkan medali kepada pelari, termasuk penyanyi Rio Febrian yang juga ikut berpartisipasi berlari.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, senang karena Yogyakarta adalah kota pertama yang mengawali pawai obor Asian Games di Indonesia. Pawai obor akan berlangsung selama satu bulan menyinggahi 53 kota dan kabupaten.

"Api Asian Games diambil dari New Delhi India dan sudah mendarat di Adi Sutjipto dua hari lalu kemudian disatukan dengan api dari Mrapen lalu menjalani tur yang diawali dari Yogyakarta. Saya senang karena pawai diawali dari Yogyakarta," katanya.

(ant/dnq)


Berita Terkait

Baca Juga