Prancis Kerahkan Ratusan Ribu Pasukan Kemanan Saat Final Piala Dunia

Prancis Kerahkan Ratusan Ribu Pasukan Kemanan Saat Final Piala Dunia Ilustrasi

Covesia.com - Pihak berwenang akan mengerahkan 110.000 polisi dan pasukan keamanan di penjuru Prancis pada akhir pekan ini untuk mengamankan sejumlah perayaan besar bila "Les Bleus" memenangkan Piala Dunia pada Minggu.

Beberapa tahun terakhir tempat-tempat umum di Prancis menjadi sasaran "empuk" bagi serangan terorisme.

Upaya keamanan besar-besaran menjadi lebih sulit dan rumit pada hari nasional Prancis, Hari Bastille, yang jatuh pada Sabtu.

Warga Prancis masih sulit untuk melupakan sebuah tragedi di Hari Bastille yang menewaskan 86 orang akibat ditabrak oleh sebuah van di resort pantai Nice dua tahun lalu.

Prancis telah berulang kali menjadi sasaran serangan para ekstremis beberapa tahun sebelumnya, yang merenggut 246 nyawa sejak Januari 2015, menurut Catatan AFP.

"Semuanya sudah dilakukan agar Prancis dapat menjalani momen-momen meriah ini dengan kedamaian, meski ancaman teroris tetap tinggi," kata Menteri Dalam Negeri Gerard Collomb pada Jumat.

Sekitar 12.000 polisi sedang dipersiapkan untuk acara-acara akhir pekan, dengan tambahan 3.000 responden medis darurat di Paris dan wilayah-wilayah sekitaranya saja.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga