Prediksi Laga Semifinal AFF U-19, Timnas Malaysia Vs Indonesia

Prediksi Laga Semifinal AFF U19 Timnas Malaysia Vs Indonesia Ribuan pendukung Garuda Muda bakal memberikan semangat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur dalam menhadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2018 (Dok: PSSI)

Covesia.com - Pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Malaysia bakal tersaji dalam semifinal Piala AFF U-19 2018, malam ini, Kamis (12/7/2018). Di laga ini, Indonesia punya kans besar untuk menuntaskan dendamnya.

Tentu masih segar dalam ingatan para pendukung kedua negara hasil pada penyisihan Piala AFF U-19 tahun lalu. Dalam laga yang dihelat di Stadion Paju, Korea Selatan tersebut, Garuda Nusantara dipermalukan habis-habisan dengan skor 1-4. 

Komposisi tim kedua negara saat ini tak jauh berbeda dari saat melakoni gelaran tersebut. Untuk itu, kesempatan membalas kekalahan jelas terbuka lebar. Terlebih, Garuda Nusantara bakal tampil di kandang sendiri dan didukung oleh ribuan suporter yang siap mendominasi tribun dengan warna merah putih.

"Kami ingin meraih kemenangan apalagi bermain di kandang sendiri. Doa dan dukungan masyarakat Indonesia kami butuhkan agar kami lolos ke final," ungkap pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri seperti dikutip laman resmi PSSI.

Indra juga menambahkan jika seluruh pemain siap dimainkan sejak awal, termasuk penyerang Egy Maulana Vikri yang baru bergabung ke skuat setelah di izinkan klubnya saat ini, Lechia Gdank. Tidak ada satu pun pemain yang kelelahan atau cedera karena adanya kebijakan rotasi di fase grup.

"Indonesia sudah siap lahir dan batin untuk pertandingan besok. Kondisi semua pemain saat ini baik-baik saja, tidak ada yang cedera. Semua siap diturunkan nanti," sambungnya.

Di lain pihak, Malaysia menatap laga dengan kepercayaan diri tinggi, usai berhasil menjuarai babak penyisihan di Grup B. Kemenangan atas tim tangguh Myanmar di laga terakhir juga merupakan bekal bagi skuat asuhan Bojan Hodak.

Walau mengakhiri penyisihan dengan peringkat lebih baik, pelatih Bojan Hodak tak ingin skuatnya meremehkan Indonesia. Pasalnya, persaingan di dua grup berbeda tak dapat disandingkan dengan parameter sama. Bojan juga mewaspadai performa Indonesia yang cukup tajam di fase grup. Adanya para penyerang andal dinilainya dapat merepotkan pertahanan Malaysia sewaktu-waktu.

“Indonesia tim kuat, kami sudah bertemu sebelumnya. Egy Maulana Vikri, Todd Ferre, dan Saddil Ramdani menjadi perhatian kami. Mereka semua pemain penyerang, saya juga tahu Indra Sjafri merupakan pelatih dengan filosofi menyerang," tutur Bojan.

Selain di ajang kualifikasi Piala Asia tahun lalu, kedua negara juga pernah bersua di ajang Piala AFF U-19. Perjumpaan ini tepatnya terjadi pada tahun 2013. Saat itu Timnas U-19 Indonesia yang masih diperkuat Evan Dimas sejumlah pemain lama lain bermain imbang 1-1 kontra Malaysia.

"Dukungan dari penonton membuat Indonesia menakutkan. Tapi kami akan bermain tanpa beban, beban itu justru di Indonesia. Kami hanya akan bermain dengan gaya kami,” pungkas Bojan Hodak.

Timnas U-19 Indonesia memiliki rapor empat kemenangan dan sekali kalah pada fase grup. Sedangkan di lain pihak, Malaysia membawa catatan tiga kemenangan serta satu hasil imbang.

Prediksi Starting Line-up

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi; Julyano Pratama, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika, Muhammad Rifad Marasabessy; Muhammad Rafi Syaharil, Muhammad Lutfi Kamal, Witan Sulaeman, Todd Rivaldo, Saddil Ramdani;Egy Maulana Vikri.

Timnas U-19 Malaysia:

Safiq Afifi, Shivan Pllay, Muhammad Anwar, Muhammad Syaiful, Nabil Haim, Muhammad Nurfais, Nik Akif, Ammar, Thivandaran Kaman, Muhammad Hadi Fayyadh, Muhammad Akhyar.

Prediksi Skor

Dengan kekuatan yang ada saat ini, Timnas Indonesia diunggulkan untuk meraih kemenangan. Pengalaman pemain U-19 yang semakin matang karena mendapatkan tempat bermain diklubnya termasuk Liga 1. Selain itu, dukungan penuh suporter yang akan memadati Delta Sidoarjo dipastikan akan menambah spirit pemain. Namun, timnas U-19 tidak boleh sedikitpun meremehkan kekuatan Finalis AFF U-19 tahun lalu ini. Covesia memprediksi Timnas Indonesia U-19 mampu memenangi laga dengan skor 2-0.

(ant/dnq)

Baca juga: Egy MV Perkuat Timnas Indonesia U-19 saat Hadapi Malaysia di Semifinal AFF 2018

Berita Terkait

Baca Juga