Mengenal Empat Tim Semifinalis Piala Dunia 2018

Mengenal Empat Tim Semifinalis Piala Dunia 2018 Eforia pendukung timnas Inggris saat Harry Kane dan kawan-kawan memastikan diri ke semifinal Piala Dunai 2018 usai menyingkirkan Swedia (thefa.com)

Covesia.com - Empat tim terbaik semifinal  Piala Dunia 2018 bakal kembali menunjukkan kebolehan mereka di Rusia pada Rabu dan Kamis pekan ini. 

Skuat muda timnas Prancis berhadapan dengan tim bertabur bintang Belgia, sedangkan The Three Lions julukan Timnas Inggris menjamu skuat bermental Baja Kroasia.

Keempat tim telah menunjukan kebesaran mereka sehingga layak berada di  partai ini. The Blues menyingkirkan Uruguay di babak perempat final dengan skor meyakinkan 2-1.

Sedangkan Belgia dengan gemilang mengalahkan tim unggulan Brasil dengan skor 2-1.

Inggris lolos meyakinkan dengan mengandaskan peruangan Swedia 2-0, dan Kroasia layak dijuluki skuat mental baja setelah melewati drama adu penalti dengan tuan rumah, Rusia, ini merupakan pencapaian Luka Modric dkk melalui drama penalti di babak penentu Piala Dunia 2018, setelah sebelumnya mengalahkan Denmark di babak 16 besar.

Berikut Ulasan Singkat Keempat Tim Semifinalis Piala Dunia 2018

Timnas Prancis

Mermodal pemain muda berkelas, skuat Prancis keluar sebagai juara Grup D di fase penyisihan. Lolos ke semifinal, Antoine Griezmann dkk mampu menyingkirkan dua tim kuat Amerika Selatan, Argentina dan Uruguay di fase knock out.

Timnas Prancis punya barisan gelandang yang hebat mulai dari Paul Pogba dan N'Golo Kante sebagai jangkar, dan trio Kylian Mbappe-Antoine Griezmann-Blaise Matuidi sebagai gelandang serang.

Lini pertahanan Prancis juga termasuk solid karena mampu mencatat tiga kali clean sheet dalam lima laga yang mereka jalani.

Kelemahan Prancis ada di sektor depan karena Olivier Giroud sebagai ujung tombak belum menunjukkan ketajamannya. Hal itu bisa jadi sumber kepercayaan diri tim lawan untuk bisa meredam serangan Prancis dan lebih meletakkan fokus pada Griezmann dan Mbappe.

Timnas Belgia

Belgia pada Piala Dunia kali ini dalam masa generasi emas, menurunkan skuat pelapis ketika menghadapi Inggris, Belgia unggul 1 -0 untuk memastikan juara Grup G. Ini membuktikan kualita mereka tak jauh berbeda dengan skuat inti, ditambah kekautan pasukan Roberto Martines ini memiliki kekuatan yang merata di semua lini.

Eden Hazard dkk telah membuktikan bahwa mereka pantas berada di babak semifinal setelah mereka menundukkan Brasil di laga perempat final.

Kemenangan atas Brasil merupakan suntikan kepercayaan diri yang sangat besar. Mereka tak akan lagi minder saat tampil di babak empat besar. 

Serangan balik cepat Belgia adalah hal yang harus diwaspadai karena mereka punya pemain-pemain dengan kaki cepat.

Kelemahan Belgia di lini pertahanan masih cukup terlihat, terutama bila mereka menghadapi serbuan serangan yang mengandalkan kecepatan.

Timnas Kroasia

Kroasia Keluar sebagai juara Grup D dengan menyapu semua kemenangan, termasuk ketika mempermalukan Argentina dengan skor telak 3-0. 

Tim besutan Zlatco Dalic itu juga bisa dikatan skuat dengan mental baja, mereka lolos ke semifinal setelah memalui dua drama adu penalti atas Denmark dan Rusia di fase knock out.

Timnas Kroasia tahun ini sudah sukses menyamai catatan tim legendaris Kroasia yang berisi Zvonimir Boban, Davor Suker, dan Alen Boksic 20 tahun silam. Kini, Luka Modric dkk punya peluang untuk jadi tim terbaik sepanjang sejarah sepak bola Kroasia.

Kehadiran Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, hingga Mateo Kovacic, membuat Kroasia punya lini tengah kualitas papan atas di Piala Dunia 2018.

Kroasia bakal dengan mudahnya mendominasi penguasaan bola dengan kehadiran pemain-pemain tersebut.

Namun masalah utama Kroasia adalah mereka tak punya bomber yang tajam. Hal itu yang membuat Kroasia harus melalui dua laga di knock out lewat drama penalti.

Timnas Inggris

Meski keluar sebagai runner up Grup G, namun skuat ratu Elizabeth itu perlahan bangkit dan memperlihatkan ketajaman mereka di fase knock out.

Inggris melenggang ke semifinal setelah Menyingkirkan Kolombi lewat drama adu penalti di 16 besar dan menang meyakinkan 2-0 atas Swedia di perempat final. Pencapaian itu membuat media disentaro Inggris memuji penampilan Harry Kane dan kawan-kawan.

Inggris tengah dalam euforia yang luar biasa di Piala Dunia 2018 seiring keberhasilan mereka sejauh ini. Kepercayaan diri muncul dan menyeruak lantaran skuat yang berisi pemain-pemain muda mampu menjawab keraguan.

Inggris akan memaksimalkan potensi mereka dalam dua langkah yang mereka butuhkan untuk jadi juara. Dari segi tim, Inggris kali ini punya kekuatan yang merata.

Harry Kane boleh jadi mesin gol utama namun Inggris juga bisa punya jalan keluar dengan mengandalkan pemain-pemain lainnya saat Kane dijaga ketat oleh lawan.

Kepiawaian Inggris memanfaatkan skema bola mati juga jadi nilai plus. Namun di balik itu, Inggris saat ini mulai kesulitan untuk menemukan gol dari permainan terbuka.

Pelatih Gareth Southgate harus segera menemukan cara untuk mengembalikan kemampuan itu agar Inggris tidak melulu berharap pada situasi bola mati yang belum tentu akan datang di saat krusial. 

Menarik kita nantikan aksi-aksi dari para jagoan lapangan hijau ini di babak semifinal ini, siapakah yang terbaik dari empat tim benua Eropa itu yang akan mengangkat tropi Piala Dunia 2018 ini?

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga