Laos Kalahkan Singapura 5-0 di Piala AFF U-19

Laos Kalahkan Singapura 50 di Piala AFF U19 ilustrasi logo AFC (Youtube)

Covesia.com - Kesebelasan Laos U-19 membenamkan asa Singapura dalam ajang sepak bola Piala AFF U-19 dengan skor telak 5-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (7/7/2018).

Lima gol Laos, masing-masing dicetak Kittisak Phomvongsa menit ke 5, Lextoxa Thongsavanth menit ke 20. Chitpasong Latthachak menit ke 30, Bounphachan Bounkong menit ke 38, dan 61.

Kekalahan ini membuat Singapura untuk sementara belum meraih kemenangan sama sekali dalam ajang tersebut, dan membuatnya bertahan di dasar klasemen sementara grup A.

Pelatih Singapura Rob Johannes Servais mengaku terkejut, dan kekalahan ini karena pemainnya tidak menjalankan intruksi, ditambah mental pemain yang sudah down saat gol pertama sehingga susah mencari peluang.

"Faktor lain, ada 10 pemain kami sedang mengikuti wajib militer, ditambah ada beberapa klub tidak mengizinkan pemain mudanya turut memperkuat timnas Singapura U-19," katanya.

Sementara bagi Laos, kemenangan ini membuat mereka bisa bernafas karena mendapatkan poin kemenangan 3 untuk pertama kali, meski cukup berat untuk bersaing lolos fase grup dengan beberapa tim di grup A, seperti Thailand, Indonesia dan Vietnam.

"Kemenangan telak ini tidak lepas dari kami membuat strategi serangan balik atau counter attack ke pertahanan Singapura," kata Pelatih Laos Chusak Sriphum.

Ia mengatakan, pertandingan ini cukup bagus sehingga pemain bisa mencetak gol banyak ke gawang Singapura, serta membuat timnya tidak berada di dasar klasemen grup A.

Pada pertandingan itu, Laos bermain menyerang, sehingga mampu menciptakan peluang gol pada menit ke 5 melalui kaki Kittisak Phomvongsa.

Unggul satu gol, permainan menyerang terus dilakukan dan Lextoxa Thongsavanth mampu menambah pundi gol pada menit ke 20, skor berubah menjadi 2-0.?

Laos kembali mencetak gol ketiganya melalui Chitpasong Latthachak pada sepuluh menit berikutnya, dan delapan menit kemudian unggul kembali melalui Bouncphachan Bounkong, sehingga skor menjadi 4-0 untuk Laos, yang bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, kondisi tidak jauh beda dengan serangan bertubi-tubi dilakukan oleh Laos, namun Singapura masih mampu menahannya.

Memasuki menit ke 61, Laos kembali mendapat peluang dan Bounpachan Bounkong memperbesar keunggulan negaranya dengan skor telak 5-0 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

(ant/don)

 

Berita Terkait

Baca Juga