Musim Depan, EUFA Berlakukan Pergantian Pemain Keempat di Liga Champions dan Europa

Musim Depan EUFA Berlakukan Pergantian Pemain Keempat di Liga Champions dan Europa Ilustrasi Champions

Covesia.com - Klub-klub di kompetisi elit Eropa, termasuk Liga Champions dan Liga Europa, akan diizinkan untuk melakukan pergantian pemain keempat untuk kompetisi musim depan.

Hamun kebijakan itu akan diberlakukan jika pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu kata UEFA pada Kamis (05/07/2018).

Badan sepak bola dunia FIFA, menyetujui pergantian pemain keempat pada perpanjangan waktu di awal tahun ini dan peraturan itu telah sukses diterapkan pada Piala Dunia yang sedang berlangsung di Rusia.

Menurut hukum UEFA yang telah diamandemen, tim-tim di Liga Champions dan Liga Europa akan tetap diizinkan melakukan tiga pergantian pemain pada waktu normal namun dapat melakukan pergantian pemain lagi ketika pertandingan diteruskan ke perpanjangan waktu.

Tim-tim yang melakukan kurang dari tiga pergantian pemain selama 90 menit tetap dapat melakukan total empat pergantian selama perpanjangan waktu.

"Serangkaian amandemen terhadap Peraturan Permainan sepak bola akan diterapkan secepatnya pada berbagai kompetisi UEFA," kata badan sepak bola Eropa itu dalam pernyataannya seperti dikutip dari Antara di Jakarta.

UEFA juga mengatakan klub-klub di Liga Champions dan Liga Europa dapat mendaftarkan maksimal tujuh pemain pengganti dalam lembar pertandingan, kecuali untuk final, di mana 12 pemain dapat didaftarkan.

Peraturan seputar penggunaan komunikasi elektronik di area teknik juga diamandemen UEFA.

"Peraturan ini... telah diamandemen untuk mengatur bentuk komunikasi elektronik apapun dari para ofisial tim yang diizinkan jika itu terkait langsung terhadap kesejahteraan atau keselamatan sang pemain, atau untuk alasan taktik/kepelatihan," kata UEFA.

"Bagaimanapun, hanya peralatan kecil, mobile, dan dapat digenggam, yang dapat digunakan."

UEFA mengatakan ofisial tim yang menggunakan peralatan yang tidak diizinkan akan diusir dari area teknik.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga