Prediksi Laga Rusia Vs Arab Saudi, Hegemoni Laga Pembuka

Prediksi Laga Rusia Vs Arab Saudi Hegemoni Laga Pembuka Fedor Smolov, striker andalan rusia untuk laga nanti malam menghadapi rusia (Foto: FIFA)

Covesia.com - Rusia akan menghadapi Arab Saudi pada laga pembuka Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, malam ini, Kamis (14/6/2018). Dalam sejarah Piala Dunia, tim tuan rumah tak pernah kalah ketika melakoni laga pembuka. Rekor ini tentunya tantangan bagi Rusia sebagai tuan rumah untuk memenangkan laga.

Pertandingan Rusia melawan Arab Saudi tentu juga akan menyedot perhatian jutaan mata di seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak seantero dunia ingin menunggu bagaimana kemeriahan dari laga pembuka ini, sekalipun laga ini bukan laga negara besar dengan kekuatan sepakbola.

Selain itu, dalam sejarah Piala Dunia tak pernah ada tim tuan rumah yang menelan kekalahan pada laga pembuka. Tim dengan status tuan rumah sukses meraih enam kemenangan dan tiga kali imbang.

Ini bukan kali pertama buat Rusia bermain pada laga pembuka Piala Dunia. Sebelumnya, Rusia juga tampil pada laga pembuka Piala Dunia 1970 melawan Meksiko ketika masih bernama Uni Soviet. Ketika itu, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Meski begitu, Rusia tak boleh memandang enteng kekuatan lawan. Sebab, pasukan Stanislav Cherchesov itu punya catatan buruk dalam beberapa laga terakhir.

Rusia tak pernah menang dalam tujuh laga uji coba. Yuri Zhirkov dkk. meraih tiga kali imbang dan empat kali kalah. Rentetan hasil minor itu tentu saja menjadi sinyal bahaya untuk Rusia.

Namun, pelatih Stanislav Cherchesov menatap percaya diri laga pembuka tersebut. Cherchesov bertekad menjawab kritikan negatif yang melanda timnya dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami harus melakukan segalanya agar berhak mendapatkan pujian. Kami ingin melakukan apapun untuk mengubah kritik menjadi balasan yang positif. Kami memiliki semua yang diperlukan untuk melakukannya (melawan Arab Saudi)," kata Stanislav Cherchesov dalam konferensi pers yang dikutip dari laman FIFA, Kamis (14/06/2018).

Sementara itu, Piala Dunia 2018 menjadi penampilan kelima sepanjang sejarah buat Arab Saudi. Terakhir kali Arab Saudi tampil di Piala Dunia adalah edisi 2006 dan menjadi penghuni dasar grup.

Laga ini juga menjadi pertandingan kelima buat Arab Saudi pada partai pembuka Piala Dunia. Mereka belum pernah menang dengan mencatatkan sekali imbang dan tiga kali kalah dalam empat laga.

Arab Saudi juga punya catatan yang tak terlalu bagus dalam persiapan menuju Piala Dunia 2018. Pasukan Juan Antonio Pizzi itu memetik tiga kemenangan, sekali imbang, dan lima kali kalah dalam sembilan uji coba terakhir.

Namun, pelatih Juan Antonio Pizzi mengaku sudah menyiapkan skema khusus untuk meraih kemenangan. Menurut dia, Arab Saudi akan tampil menekan sepanjang pertandingan dan mencetak gol agar permainannya tak terdikte Rusia.

"Saya ingin memberikan tekanan sejak awal pertandingan dan membuat lawan terus menerus mendapatkan tekanan. Caranya, melambungkan bola ke lini depan dan menciptakan situasi untuk mencetak gol. Memang, terkadang itu bisa terjadi dan terkadang pula tak efektif, akan tetapi itulah tujuan umumnya," tegas pria asal Argentina itu.

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 ini menjadi pertemuan pertama Rusia versus Arab Saudi di turnamen resmi. Sebelumnya, kedua tim tersebut dipertemukan pada pertandingan persahabatan yang berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Arab Saudi.

Prakiraan susunan pemain

Rusia: Igor Akinfeev;Mario Fernandes, Fedor Kudryashov, Sergey Ignashevich, Yuri Zhirkov;Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Alan Dzagoev, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin;Fedor Smolov

Pelatih: Stanislav Cherchesov (Rusia)

Arab Saudi: Abdullah Al-Mayouf;Usamah Husawi, Omar Hosawi, Yasser Al-Shahrani, Mohammed Al-Barik;Abdullah Otif, Salman Al-Faraj, Yahya Al-Shihri, Taisir Al-Jassim, Salem Al Dosari;Fahad Al-Molad.

Pelatih: Juan Antonio Pizzi (Argentina)

Head to head

  • 6/10/1993 : Arab Saudi 4-2 Rusia (Pertandingan Persahabatan)

Lima pertandingan terakhir Rusia

  • 05/06/2018 : Rusia 1-1 Turki (Ujicoba Internasional)
  • 31/05/2018 : Austria 1-0 Rusia ((Ujicoba Internasional)
  • 27/03/2018 : Rusia 1-3 Prancis (Ujicoba Internasional)
  • 23/03/2018 - Rusia 0-3 Brasil (Ujicoba Internasional)
  • 15/11/2017 - Rusia 3-3 Spanyol (Ujicoba Internasional)

Lima pertandingan terakhir Arab Saudi

  • 09/06/2018 : Jerman 2-1 Arab Saudi (Ujicoba Internasional)
  • 04/06/2018 : Arab Saudi 0-3 Peru (Ujicoba Internasional)
  • 29/05/2018 : Italia 2-1 Arab Saudi (Ujicoba Internasional)
  • 16/05/2018 : Arab Saudi 2-0 Yunani (Ujicoba Internasional)
  • 10/5/2018 : Arab Saudi 2-0 Aljazair (Ujicoba Internasional)

Prediksi skor

Didapuk menjadi tuan rumah, tentunya Rusia tidak ingin hanya numpang lewat saja. Melakoni laga pembuka, Rusia tentunya ingin meyakinkan publik sendiri bahwa mereka mampu bersaing untuk lolos ke babak selanjutnya. Target kemenangan, tentunya raihan yang harus didapat Igor Akinfeev dkk. Itu sekaligus untuk membuktikan permainan tim yang tidak pernah menang dalam tujuh laga terakhir. Raihan tiga poin dalam laga nanti juga hal mutlak agar mereka tetap mempertahankan rekor tim tuan rumah Piala Dunia tidak pernah kalah dilaga awal. Smelov dan Fedor Smolov diharapkan menjadi tumpuan gol dalam laga ini.

Sedangkan Arab Saudi memulai laga perdana ini juga dengan target kemenangan. Hal ini demi mematahkan rekor tidak pernah menang mereka kala bermain sebagai tim pertama dilaga pembuka Piala Dunia. Salem dan Fahad diharapkan mampu memberikan ancaman serius bagi pertahanan Rusia untuk mendapatkan poin perdana. Covesia.com memprediksi laga pembuka Piala Dunia ini akan dimenangkan oleh tuan rumah, Rusia dengan skor 3-1.

(ykl)

Berita Terkait

Baca Juga