Ukraina Larang Warganya Nonton Piala Dunia di Rusia

Ukraina Larang Warganya Nonton Piala Dunia di Rusia Ilustrasi

Covesia.com - Ukraina mengimbau warganya agar tidak pergi ke Rusia untuk Piala Dunia, dengan alasan “ancaman terhadap keselamatan pribadi,” saat ribuan warga Ukraina berencana pergi ke seberang perbatasan untuk menonton turnamen tersebut.

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Ukraina memperingatkan warganya soal risiko “serius” bagi keselamatan mereka jika mereka pergi ke Rusia untuk Piala Dunia, merujuk kepada propaganda Kremlin yang menghasut “sentimen anti-Ukraina.”

Media Ukraina mengatakan bahwa meskipun tim mereka sendiri tidak lolos kualifikasi, lebih dari 5.000 warga Ukraina sudah membeli tiket untuk menonton pertandingan Piala Dunia yang akan digelar di 11 kota Rusia antara 14 Juni sampai 15 Juli.

Dalam beberapa tahun terakhir, puluhan warga Ukraina ditangkap di Rusia dan semenanjung Crimea yang dianeksasi dalam tuduhan yang bermuatan politik, menurut Kiev dan pengamat HAM internasional.

Pada Senin, sebuah pengadilan Rusia menjatuhkan hukuman 12 tahun kurungan di koloni tahanan setelah dia terbukti bersalah melakukan spionase.

Sang jurnalis, yang bekerja sebagai koresponden Paris untuk sebuah kantor berita pemerintah Ukraina, ditahan saat mengunjungi Mosow pada 2016.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga