Disingkirkan Home United, Pelatih Persija Sebut Skuadnya Kalah Pengalaman

Disingkirkan Home United Pelatih Persija Sebut Skuadnya Kalah Pengalaman Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra (kanan) (Dok: Persija)

Covesia.com - Pelatih Persija Jakarta Stefano "Teco" Cugurra menyebut timnya kalah pengalaman dari klub asal Singapura Home United yang menaklukkan mereka dengan skor 3-1 di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa malam kemaren.

Kekalahan itu membuat Persija tersingkir dari Piala AFC 2018 karena pada leg pertama di Singapura, tim Macan Kemayoran juga kandas 2-3.

"Kami kurang pengalaman karena Persija sudah sangat lama tidak bermain di level internasional. Sementara lawan sudah berkali-kali tampil di Piala AFC," ujar Teco dikutip Antara, Rabu (16/05/2018).

Pernyataan Teco tersebut bukan tanpa alasan. Persija adalah tim debutan di Piala AFC, sementara bagi Home United, Piala AFC 2018 merupakan Piala AFC kesembilannya sejak penampilan perdana tahun 2004.

Dengan kondisi seperti itu, para pemain Home United tampak lebih fokus dan konsentrasi di atas lapangan. Sementara Persija beberapa kali kewalahan dan hilang konsentrasi sehingga kebobolan di menit awal, tepatnya di menit keenam.

"Malam ini malam yang kurang baik bagi kami. Lawan mendapatkan gol cepat dan mendapatkan penalti enam menit setelahnya meski saya rasa kontak yang terjadi di kotak terlarang sedikit sekali," kata Teco.

Dalam laga tersebut, Persija sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Marko Simic dari titik penalti di menit kesembilan.

Akan tetapi, tim lawan berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-12 dari tendangan Shahril Ishak, sekaligus melengkapi gol pertamanya di partai tersebut, memanfaatkan bola pantul tendangan penalti dan menjauhkan skor menjadi 3-1 melalui gol Song Ui-young pada menit ke-44.

"Saat jeda, saya berbicara dengan pemain untuk mengejar skor. Namun pada akhirnya tidak bisa apalagi kami bermain dengan 10 pemain," tutur Teco.

Adapun Persija Jakarta tersingkir dari Piala AFC 2018 seusai takluk 3-1 dari lawannya asal Singapura, Home United, pada leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018.

Persija tak bisa melanjutkan kiprahnya karena pada leg pertama di Singapura mereka juga kalah, kala itu dengan skor 2-3, dari lawannya tersebut.

Meski sudah tersingkir, Persija masih menempatkan pemainnya di jajaran individu terbaik Piala AFC 2018. Penyerang Marko Simic sementara masih menjadi pencetak gol terbanyak dengan delapan gol dan Riko Simanjutak pembuat catatan assist tertinggi dengan tujuh assist.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga