Ini Dia Hasil F1 2018 Grand Prix Bahrain, Sebastian Vettel Raih Kemenangan Kedua

Ini Dia Hasil F1 2018 Grand Prix Bahrain Sebastian Vettel Raih Kemenangan Kedua Sebastian Vettel

Covesia.com - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, berhasil memenangi balapan GP Bahrain di ajang Formula 1 (F1), Minggu (8/4/2018), meskipun mendapat  tekanan berat dari pembalap Mercedes Valtteri Bottas. 

Pebalap Ferrari tersebut sukses mendapatkan 25 poin dalam balapan ke-200 sepanjang karier Formula 1. Vettel mengungguli dua pebalap Mercedes, Valtteri Bottas yang berdiri di podium kedua, dan Lewis Hamilton yang ada di podium terakhir.

Sebastian Vettel yang start dari posisi pertama langsung bergerak cepat untuk memimpin jalannya perlombaan yang penuh drama tersebut. Sementara, nasib berbeda dialami rekan setimnya, Kimi Raikkonen, yang kehilangan posisi kedua seusai disalip Valtteri Bottas (Mercedes) di tikungan 1. 

Sejak awal, Sebastian Vettel memang sangat dijagokan di balapan kedua musim ini. Sang pebalap Jerman menempati start pertama. Vettel juga langsung tancap gas begitu lomba dimulai, meninggalkan para lawan. Sementara itu Valtteri Bottas mendahului Kimi Raikkonen untuk ada di urutan kedua.

Drama terjadi antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen yang semakin sengsara akhir pekan ini. Keduanya bertabrakan. Akibatnya, Hamilton harus terpental mundur hingga urutan kesembilan. Hanya saja, sang pebalap Inggris ini pantang menyerah. Ia segera bangkit, lantas mendesak ke urutan kelima. 

Memasuki lap ketigabelas, Vettel masih tidak tersentuh. Jaraknya dari Bottas yang menjadi pesaing terdekat, mencapai lebih dari 3 detik. Sementara itu, Hamilton terus memperbaiki posisinya sampai urutan keempat, dengan jarak 8,3 detik dari pimpinan lomba.

Lima lap berselang, Bottas mempersempit jarak dari Vettel hingga mencapai hitungan hanya 2 detik. Demikian pula, Hamilton menekan Kimi Raikkonen. Perubahan pimpinan lomba terjadi kala Vettel dan Raikkonen masuk pit. Giliran Hamiton yang terdepan.

Namun itu tidak bertahan lama. Vettel yang memiliki ban lebih segar kembali memimpin. Bahkan pada lap 34 ia unggul 4,5 detik dari Bottas yang ada di peringkat kedua. Sebaliknya, Hamilton harus ke pit, dan tercecer di peringkat tiga.

Kimi Rakkonen mengalami tragedi saat masuk ke pit. Ketergesaan kru Ferrari dalam menangani ban sang pebalap Finlandia berakibat fatal. Saat Raikkonen sudah memacu mobilnya, seorang mekanik terhantam oleh ban mobil tersebut dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Ketika Raikkonen dipastikan tidak bisa melanjutkan lomba, Sebastian Vettel yang terancam. Dia sekarang diburu oleh duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Namun, jarak yang tercipta sudah signifikan. Meskipun di lap-lap terakhir Bottas dan Hamilton semakin mendekati waktu perlap Vettel, sang pebalap Jerman sudah tidak terkejar lagi.

Sebastian Vettel mengakhiri balapan dengan catatan hanya 0,6 detik dari Valterri Bottas. Namun itu sudah cukup untuk melanjutkan kegemilangannya dalam dua seri pembuka F1 musim ini. Tekanan justru datang untuk Lewis Hamilton, sang juara bertahan yang semakin tertinggal dari rivalnya tersebut.

Hasil lengkap Grand Prix Bahrain pada Minggu, 8 April 2018 adalah sebagai berikut:


(sea)

Berita Terkait

Baca Juga