Tersandung Kasus Pajak, Alonso Terancam Penjara Lima Tahun

Tersandung Kasus Pajak Alonso Terancam Penjara Lima Tahun (@XabiAlonso)

Covesia.com - Jaksa penuntu Spanyol mengupayakan agar Xabi Alonso dituntut hukuman lima tahun penjara setelah mantan pemain Real Madrid dan gelandang Liverpool itu dituduh melakukan penipuan pajak.

Kantor penuntut Madrid mengumumkan bahwa mereka mengupayakan hukuman itu untuk dugaan penipuan pajak sebesar dua juta euro (sekitar Rp33,9 miliar) antara 2010 sampai 2012.

Dikutip Antara, Kamis (22/03/2018). Kantor itu mengklaim Alonso menggunakan perusahaan yang berbasis di pulau Madeira, Portugal untuk menghindari pajak pendapatan yang diperolehnya dari hak citra mantan pemain berusia 36 tahun tersebut.

Selain vonis penjara lima tahun, Alonso dan penasihat pajaknya Ivan Zaldua serta manajer perusahaan Portugal itu, Ignasi Maestre juga ingin dituntut denda sebesar empat juta euro (sekitar Rp67,9 miliar).

Pengadilan Madrid yang bertanggung jawab atas penyelidikan itu membuka kembali kasus ini pada akhir 2017 setelah para hakim banding menyatakan bahwa fakta-fakta yang dituduhkan terhadap Alonso "cukup untuk menjadi bukti."

Alonso, yang pensiun tahun lalu, bukanlah pesepak bola papan atas pertama yang menghadapi masalah pajak Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa telah mengakui melakukan penipuan pajak untuk menghindari hukuman penjara, seperti penyerang Manchester United Alexis Sanchez, mantan pemain tengah Barcelona Javier Mascherano dan bek Real Madrid, Marcelo.

Bahkan Lionel Messi dan saingan abadinya Cristiano Ronaldo juga terlibat dalam kasus pajak di Spanyol.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga