Ribuan Penggemar Hadiri Pemakaman Kapten Fiorentina, Davide Astori

Ribuan Penggemar Hadiri Pemakaman Kapten Fiorentina Davide Astori (@acffiorentina)

Covesia.com - Ribuan penggemar dan puluhan pemain berkumpul pada Kamis (8/3) untuk menyampaikan selamat jalan kepada kapten Fiorentina dan pemain timnas Italia, Davide Astori, yang meninggal dunia secara mendadak pada usia 31 tahun pada Minggu lalu.

Meninggalnya Astori mengejutkan dunia sepak bola Italia. Semua pertandingan Liga Italia yang rencananya dimainkan pada Minggu dibatalkan. Fiorentina dan klub Astori sebelumnya Cagliari mengumumkan bahwa mereka akan memensiunkan nomor punggung 13 milik sang pemain.

Pemakaman dilangsungkan di Basilica of the Holy Cross di Florence, namun massa terlalu banyak untuk dapat ditampung di gereja tersebut, maka suara pembawa acara disiarkan melalui pengeras kepada para penggemar, banyak di antara mereka yang menangis, yang memadati alun-alun di luar.

Jenazah Astori tiba dengan menggunakan mobil jenazah Maserati putih ketika para penggemar mengibarkan-ngibarkan bendera Fiorentina berwarna ungu dan putih, dan mengacungkan syal tim mereka. Bunga anyelir berwarna putih dan ungu membungkus peti matinya.

"Hanya ada satu kapten," demikian nyanyian para penggemar ketika ia dibawa keluar gereja setelah upacaranya.

Astori, pada musim kesepuluhnya di Liga Italia, ditemukan telah meninggal dunia di kamar hotelnya di Udine, di mana Fiorentina dijadwalkan bertanding melawan Udinese, pada Minggu. Diyakini bahwa ia meninggal karena serangan jantung, menurut kantor jaksa Udine.

Lahir di Lombardy di utara Italia, Astori menjadi kapten klub Florence itu tahun lalu.

"Ia telah selalu dan akan selalu menjadi (warga) Florentine," kata Kardinal Giuseppe Betori, uskup agung, pada khotbahnya.

Penyerang AS Roma yang kini telah pensiun Francesco Totti dan pemain Roma saat ini Stephan El Shaarawy merupakan sebagian di antara sosok sepak bola yang menghadiri upacara pemakaman. Pelatih terakhir Astori untuk tim nasional, Gian Piero Ventura, juga hadir.

Astori mencatatkan 289 penampilan di Liga Italia dan telah 14 kali memperkuat timnas.

Pemerintah kota Florence mendeklarasikan Kamis sebagai hari berkabung. Sekolah-sekolah dan kantor-kantor telah diminta untuk melakukan mengheningkan cipta pada pukul 13.00 waktu setempat.

Selamat Jalan Kapten...

(ant/dnq)

Baca juga: Kapten Fiorentina Meninggal Mendadak Diduga Alami Serangan Jantung

Berita Terkait

Baca Juga