Federer Kembali Torehkan Rekor di Dunia Tenis

Federer Kembali Torehkan Rekor di Dunia Tenis Roger Federer (Mirror)

Covesia.com - Petenis asal Swiss, Roger Federer kembali mencatatkan rekor baru di dunia tenis, Baru-baru ini dirinya dikukuhkan sebagai petenis tertua menduduki peringkat satu dunia ATP.

Peringkat tersebut di raih Federer setelah dirinya melangkah ke babak semifinal usai mengalahkan petenis Belanda, Robin Haase di turnamen tenis dunia ABN AMRO, Jumat kemaren.

Turnamen yang dilangsungkan di Rotterdam Belanda itu, Federer unggul dengan skor 4-6,6-1 dan 6-1 atas lawannya dibabak perempatfinal ABN AMRO. 

"Mencapai peringkat satu merupakan salah satu, bukan satu-satunya pencapaian utama di olahraga kami," ujar Federer di lapangan setelah diberikan plakat simbol peringkat satu oleh mantan juara Wimbledon asal Belanda Richard Krajicek, yang merupakan direktur turnamen.

"Terkadang pada awalnya Anda bisa berada di sini karena Anda bermain begitu baik, namun kemudian Anda harus berjuang untuk itu dan harus merebutnya kembali dari seseorang yang layak berada di sini. Ketika Anda bertambah tua, Anda mungkin harus melipatgandakan usaha Anda. Hal ini mungkin yang paling berarti dalam karier saya," ungkap Federer seperti yang dikutip Covesia dari Antara, Sabtu (17/02/2018).

Federer, yang karier gemilangnya terpicu kembali sejak absen enam bulan pada 2016, telah memenangi tiga dari lima grand slam setelah melalui lima tahun tanpa memenangi satu pun.

Salah satu pencapaian terbaik pada fase akhir karier yang pernah ditorehkan oleh petenis putra maupun putri, berarti dirinya melampaui Andre Agassi, yang sebelumnya menjadi petenis tertua di daftar peringkat ATP.

Petenis AS Agassi berusia 33 tahun ketika ia menduduki posisi puncak pada 2003.

Ia merupakan salah satu sosok pertama yang memberi selamat kepada Federer.

"Roger Federer terus menaikkan bar di olahraga kami. Selamat untuk pencapaian luar biasa lainnya!" kata Agassi melalui Twitter.

Federer juga mengukir rekor lain dengan selisih lebih dari lima tahun antara pencapaian sebelumnya dan yang terkini di posisi puncak dunia, yang merupakan laju terpanjang sejak daftar peringkat ATP dimulai pada 1973.

Federer pertama kali mencapai posisi peringkat satu dunia pada 2004, saat masih berusia 22 tahun, dan sekarang kembali ke sana 14 tahun kemudian setelah memainkan sejumlah permainan tenis terbaik sepanjang kariernya, ia terlihat mampu untuk menduduki tahta ini dalam waktu yang lebih lama.

Ia juga menggenggam rekor yakni 302 pekan menduduki peringkat satu dunia.

Belakangan ia menulis di akun Instagramnya, Federer berkata, "Malam untuk dikenang selamanya. Terima kasih kepada semua penggemar saya yang telah bersama saya sejak awal."

Perjalanan akan berlanjut pada Sabtu ketika Federer menghadapi petenis Italia Andreas Seppi di semifinal, dengan gelar ke--97 menjadi incarannya. Seppi menaklukkan petenis Rusia Daniil Medvedev dalam tiga set.

Semifinal lainnya akan mempertemukan petenis Bulgaria Grigor Dimitrov dan petenis Belgia David Goffin. Dimitrov mengalahkan Andre Rublev, sedangkan Goffin melaju dengan "walkover" akibat petenis Ceko Tomas Berdych cedera.

(ant/dnq)

Baca juga: Nadal Pastikan Ikuti Turnamen Queen’s Club

Berita Terkait

Baca Juga