Sabet Gelar Juara Dunia Musim Ini, Berikut Rekor yang Dipatahkan Marc Marquez di MotoGP

Sabet Gelar Juara Dunia Musim Ini Berikut Rekor yang Dipatahkan Marc Marquez di MotoGP Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan gelar juara dunia MotoGP 2017 di Valencia, Spanyol (@MotoGP)

Covesia.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP 2017 usai finis di podium ke tiga di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017).

Keberhasilan pebalap Spanyol itu mengukuhkan juara dunia yang ke empat kalinya di kelas Premier membuatnya telah mematahkan sejumlah rekor yang sebelumnya dipegang pebalap Mike Hailwood dan Valentino Rossi.

Marquez mematahkan rekor kedua pebalap itu sebagai pebalap termuda yang meraih gelar juara dunia enam kali disemua kelas pada usai yang baru menginjak 24 tahun.

Berikut torehan teranyar Marquez yang dikutip dari laman resmi MotoGP

  • Ini merupakan titel juara dunia keenam buat Marquez di seluruh kelas (4 x MotoGP, 1 x Moto2, 1 x 125cc). Satu-satunya rider Spanyol yang punya gelar juara dunia lebih banyak adalah Angel Nieto, dengan 13 titel juara dunia (7 x 125cc, 6 x 50cc).
  • Di usia 24 tahun dan 254 hari, Marquez adalah rider termuda yang meraih empat titel Kejuaraan Dunia kelas primer. Ia merebut rekor itu dari Mike Hailwood, yang berusia 25 tahun dan 107 hari ketika meraih titel keempatnya secara beruntun di kelas 500cc pada 1965.
  • Marquez juga rider termuda sepanjang sejarah yang punya koleksi enam titel Kejuaraan Dunia. Ia merebut rekor itu dari Valentino Rossi, yang berusia 25 tahun dan 244 hari ketika meraih titel juara dunianya yang keenam pada 2004.
  • Marquez sudah naik podium teratas minimal lima kali pada setiap musim dalam periode delapan tahun terakhir di seluruh kelas grand prix. Dalam 69 tahun sejarah balapan grand prix, hal serupa sebelumnya cuma pernah dilakukan Giacomo Agostini seorang.
  • Ini merupakan kali keempat Marquez meraih titel juara dunia MotoGP bersama Honda. Satu-satunya rider yang pernah memenangi titel kelas primer dengan Honda adalah Mick Doohan, yang meraih lima titel 500cc pada lima kesempatan.
  • Pada 2017 ini Marquez mencatatkan 12 podium dan delapan pole, yang lebih banyak daripada rider lain di kelas MotoGP. Ia punya enam kemenangan, setara dengan Andrea Dovizioso yang menjadi runner-up di akhir musim.

(dnq)


Berita Terkait

Baca Juga