Buka Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil gubernur 2020, KPU Sumbar Terapkan Protokol Kesehatan

Buka Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil gubernur 2020 KPU Sumbar Terapkan Protokol Kesehatan

Covesia.com - Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay menyebut, tiga bakal pasangan calon dipastikan mendaftar ke KPU, hari ini yang akan mendaftar adalah pasangan Mahyeldi Ansharullah - Audy Joinaldi.

"Kita resmi  membuka pendaftaran hari ini hingga Minggu (6/9/2020) mendatang. Hari ini pasangan Mahyeldi-Audy yang akan mendaftar," ungkapnya kepada wartawan saat ditemui sebelum penerimaan pasangan tersebut di kantor KPU, Jumat (4/9/2020)

Lebih lanjut dikatakan Gebril, protokol kesehatan akan diterapkan pada pendaftran ini. " Yang boleh masuk hanya bakal pasangan calon, partai politik pengusul, yakni ketua dan sekretaris dan maksimal 10 orang timnya,"jelasnya.

Sedangkan media, pemantau dan pendukung pasangam lainnya dikatakan Gebril difasilitasi dengan layar monitor dan live streaming.

Sebenarnya tak ada ketentuan siapa yang mendaftar duluan, terserah pasangan calon. "Tugas kita memgecek persyaratan calon. Lalu untuk hari ini dan besok kita buka pendaftran dari pukul 8 pagi sampai pukul 16 sore. Sedangkan di hari ke 3 atau hari terakhir dibuka dari pukul 8 pagi sampai pukul 24 malam," terangnya. 

Tak hanya itu pendaftran ini akan berjalan secara demokratis, sehat, dan selamat. Setiap yang datang akan dicek suhunya. Jika lebih 37,3 derajat tak dibenarkan masuk.

Kemudian, untuk mendaftar bacalon harus menyerahkan hasil tes PCR untuk membuktikan negatif covid, jika positif covid bacalon tidak harus hadir namun harus memberikan surat keterangan dari rumah sakit. "Jadi, Status bacalon bisa menjadi alasan tidak hadir ketika mendaftar," imbuhnya. 

Hingga pagi ini kata Gebril masih 3 calon yang mengkonfirmasi mendaftar yakni bapaslon Mahyeldi-Audy, Mulyadi - Ali Mukhni , dan Nasrul Abit - Indra Catri. 

(ila)


Berita Terkait

Baca Juga