Masyarakat Minta Senator Emma Yohanna Perjuangkan Pembangunan Akses Transportasi ke Maligi

Masyarakat Minta Senator Emma Yohanna Perjuangkan Pembangunan Akses Transportasi ke Maligi Emma Yohana

Covesia.com - Masyarakat Kecamatan Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meminta pemerintah membangunkan jalan dan jembatan kedaerah itu.

"Kami ingin seperti daerah lainnya di Pasaman Barat ini dengan jalan yang beraspal," kata salah seorang warga Maligi Wen Suganda saat dengar pendapat masyarakat dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Emma Yohana di Pantai Indah Maligi, Kamis (13/8/2020).

Ia mengatakan persoalan sarana transportasi menjadi masalah utama masyarakat Maligi dan sekitarnya hingga saat ini.

Masyarakat terpaksa menempuh jalan pasir atau tepi laut dengan medan yang cukup berat jika hendak keluar dari Maligi.

Menuju aspal hitam saja memakan waktu sekitar setengah ja lebih. Jika cuaca buruk maka bisa satu jam perjalanan.

"Lebih parahnya yang terjadi ketika membawa warga yang sakit. Bahkan belum lama ini seorang ibu baru melahirkan meninggal dunia dijalan karena terlambat mendapatkan bantuan kesehatan disebabkan jalan yang sulit ditempuh," katanya.

Hal yang sama dikatakan warga lainnya Dafriman. Ia menilai masyarakat sudah berulang kali meminta ke pemerintah untuk dibangunkan jalan dan jembatan.

"Tetapi selalu tidak dikabulkan. Kami tidak tau lagi mau mengadu kemana. Jalan dan jembatan sangat berarti bagi kami," sebutnya.

Ia berharap anggota DPD RI Emma Yohanna dapat membantu dan memfasilitasi kepemerintah bagaimana jalan dan jembatan bisa dibangun.

Sementara Anggota DPD RI Emma Yohanna mengatakan mengetahui benar apa yang dibutuhkan warga Maligi dan Sikilang.

Sebagai anggota DPD ia sudah berulangkali menyampaikan ke Pemerintah Daerah Pasaman Barat dan Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat agar jalan tepi pantai diupayan agar dibangun.

Namun ada saja kendala sehingga sampai saat ini belum juga terlaksana sehingga masyarakat belum menikmati jalan yang bagus.

"Makanya saya kembali turun ke Maligi dan merasakan bagaimana sulitnya akses transportasi menuju Maligi. Ini akan terus menjadi perhatian saya dan persoalan ini sudah saya sampaikan ke Dirjen Pekerjaan Umum pusat," katanya.

Ia merasa prihatin dengan kondisi akses jalan menuju Maligi. Namun sebagai wakil rakyat di DPD RI, ia hanya bisa memfasilitasi dan menyampaikan ke pihak eksekutif.

"Persoalan ini akan terus saya kawal dan desak pemerintah untuk membangunkan jalan dan jembatan ke Maligi Sikilang dan daerah lainnya," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga