Musyawarah Sengketa Tertutup antara KPU Sumbar dengan ''FaGe'' Deadlock

Musyawarah Sengketa Tertutup antara KPU Sumbar dengan FaGe Deadlock Kantor Bawaslu Sumbar. Foto: Angga

Covesia.com - Musyawarah Sengketa Pemilihan Tertutup antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dengan tim Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) yang dimediasikan oleh Bawaslu Sumbar berakhir "deadlock" pada Sabtu (8/8/2020) di Kantor Bawaslu Sumbar. Deadlock ini terjadi setelah kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan bersama.

"Musyawarah tertutup saat ini berakhir deadlock. Kami dan KPU Sumbar tidak mencapai kesepakatan," sebut Genius Umar kepada Covesia.com usai musyawarah.

Selama musyawarah, disebutkan Genius seluruh permintaan dari Tim Fakhrizal-Genius Umar ditolak oleh KPU Sumbar. Sampai-sampai saat musyawarah suasana sedikit panas karena KPU Sumbar tetap berkeras untuk menjadikan pendukung yang berstatus Tidak Ditemui (TD) Menjadikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Seluruh permintaan kami ditolak. makanya deadlock. Kami memang sedikit terpancing setelah pendukung berstatus TD menjadi TMS tidak digubris dan pernyataan KPU Sumbar tidak memuaskan," Sebut Genius.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar bidang Hukum, Yanuk Sri Mulyani Enggan menyebutkan alasan KPU Sumbar menolak permintaan tim Fakhrizal-Genius Umar. Hal ini berdasarkan tata tertib yang dibacakan oleh Bawaslu Sumbar agar seluruh pembahasan dalam musyawarah tertutup untuk tidak dibeberkan ke publik.

"Sesuai aturan yang dibacakan Bawaslu tadi, apapun pembahasan tidak dipublish. Tapi hasilnya memang deadlock. Tidak tercapai kesepakatan antara KPU Sumbar dengan tim Fakhrizal-Genius Umar," kata Yanuk.

Dengan deadlocknya musyawarah sengketa pemilihan tertutup ini, proses sengketa akan dilaksanakan secara terbuka pada Senin (10/8/2020) pukul 14.09 WIB.

"Karena deadlock, proses akan dilanjutkan dengan musyawarah terbuka di kantor Bawaslu Senin besok. Kami dari KPU Sumbar insya Allah akan hadir," kata Yanuk lagi. 

(agg/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga