Ketua KPU Limapuluh Kota Dilaporkan Aktif di Ormas, Bawaslu: DKPP Akan Gelar Sidang Etik

Ketua KPU Limapuluh Kota Dilaporkan Aktif di Ormas Bawaslu DKPP Akan Gelar Sidang Etik Komisioner Bawaslu Limapuluh Kota, Ismet Aljannata

Covesia.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon dilaporkan oleh Bawaslu setempat ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Laporan ini berdasarkan temuan dugaan Bawaslu setempat yang mendapati Masnijon masih aktif sebagai ketua organinasi masyarakat (Ormas) di Limapuluh Kota.

"Ya, kami laporkan Ketua KPU atas nama Masnijon ke DKPP tanggal 2 Juni 2020 silam. Alasannya, karena Masnijon masih aktif dan tergabung dengan salah satu ormas di Limapuluh Kota," sebut Komisioner Bawaslu Limapuluh Kota, Ismet Aljannata kepada Covesia.com, Selasa (4/7/2020).

Dijelaskan Ismet, awalnya ada laporan yang masuk ke Bawaslu Limapuluh Kota pada akhir Mei 2020. Kemudian laporan ini ditindaklanjuti dengan terjun ke lapangan mencari kevalidan data yang dilaporkan. 

Setelah dirasa temuan di lapangan memenuhi syarat untuk dilaporkan ke DKPP, Bawaslu Limapuluh Kota melayangkan laporan tanggal 2 Juni 2020.

"Akhir Mei kami dapat laporan. Selama lima hari kami melakukan kajian lapangan, akhirnya kami putuskan untuk melaporkan ketua KPU Limapuluh Kota ke DKPP," kata Ismet.

Dari kajian Bawaslu, ketua KPU Limapuluh Kota diduga telah melanggar kode etik dan bertentangan dengan UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 21 ayat 1 huruf k. 

Syarat untuk menjadi anggota KPU, KPU provinsi, KPU kabupaten/ kota harus bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila terpilih menjadi anggota KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/kota, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

"Pak Masnijon masih aktif dan tergabung di salah satu ormas yang tidak berbadan hukum di Limapuluh Kota. Jabatannya sebagai ketua pengurus," sebutnya.

Hingga hari ini, laporan Bawaslu ini sudah direspons oleh DKPP dan pada Jumat (7/8/2020) pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan sidang etik pertama untuk ketua KPU Limapuluh Kota di Bawaslu Sumbar. 

"Jumat besok sidang perdananya pukul 08.00 WIB," kata Ismet. 

Sampai berita ini diturunkan, Covesia.com belum bisa mengkonfirmasi ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon perihal pelaporan dirinya ke DKPP. Beberapa kali dihubungi melalui seluler, Masnijon tidak merespons. 

(agg/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga