Sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional ke XXVIII, Irwan Prayitno Berharap Sumbar Masuk 5 Besar

Sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional ke XXVIII Irwan Prayitno Berharap Sumbar Masuk 5 Besar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menjawab pertanyaan wartawan usai peluncuran MTQ Nasional ke XXVIII, Selasa (28/7/2020). Foto: Laila

Covesia.com - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengutarakan rasa terima kasih atas kepercayaan semua pihak dengan diadakannya MTQ Nasional XXVIII di Padang meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 

"Sumbar sudah aman untuk dikunjungi. Penyebaran virus sudah melandai. Penerapan protokol kesehatan dengan disiplin juga mengurangi potensi penyebaran Covid-19," ungkapnya kepada wartawan seusai acara peluncuran MTQ Nasional ke XXVIII di Padang, Selasa (28/7/2020).

Irwan menyebtkan, positive rate Sumbar pada kasus Covid-19 berada di 1,45 persen. Positive rate adalah rasio jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 berbanding total pemeriksaan spesimen suatu daerah.  

"Standar WHO untuk positive rate paling tinggi 5 persen. Artinya, Sumbar sudah sangat baik karena berada jauh di bawah standar batas tertinggi itu," ungkapnya. 

Irwan juga mengatakan penantian Sumbar untuk menjadi penyelenggara sudah 37 tahun. 

"Sebagai panitia, kami akan memaksimalkan serta menyukseskan MTQ ini. Kita target bisa masuk 5 besar kali ini," jelasnya. 

Tak hanya itu, seluruh kegiatan yang dilakukan nanti menggunakan protokol kesehatan. 

Sementara itu, Ketua LPTQ Nasional Amaruddin Amin mengatakan kesiapan Sumbar cukup kompleks. Koordinasi dengan Pemprov Sumbar menurutnya berjalan dengan baik. 

Kegiatan MTQ Nasional XXVIII akan digelar di Padang pada 12-21 November 2020. 

"Kami berkomitmen menyukseskan MTQ Nasional XXVIII dengan perencanaan yang antisipatif dan penerapan protokol kesehatan," katanya.

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga