Fakhrul Razi Luncurkan MTQ Nasional ke XXVIII Secara Virtual

Fakhrul Razi Luncurkan  MTQ Nasional ke XXVIII Secara Virtual Menteri Agama, Fakhrul Razi meluncurkan secara virtual MTQ Nasional ke XXVIII, Selasa (28/7/2020). Foto: Laila

Covesia.com - MTQ Nasional ke XXVIII diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat. Hari ini acara ini resmi diluncurkan oleh Menteri Agama, Fakhrul Razi secara virtual, Selasa (28/7/2020). 

"Lounching ini dapat dilaksanakan merupakan penanda dan publikasi bahwa tuan rumah telah siap menyelenggarakan MTQ pada 12 hingga 21 November mendatang," ungkap Fakrul Razi, Selasa. 

Fakrul menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada Gubernur Sumbar serta antusias masyarakat Sumbar. 

"MTQ ini tidak hanya ajang kontestasi tapi lebih dimaknai stimulasi umat untuk mendalami Alquran dan mempedomaninya," jelasnya. 

Dikatakan Fakhrul, 65 persen masyarakat masih buta aksara Alquran yang padahal Indonesia mayoritas islam. 

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Meski dalam kondisi Covid-19, cobaan ini tidak menjadi penghalang bagi kita," ujarnya. 

MTQ merupakan sebuah model siar Islam yang harus dikembangkan dan mengokohkan moralitas bangsa, katanya.

Selanjutnya, Fakhrul menyampaikan untuk penyelenggaraan MTQ dalam kondisi pandemi, harus berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Aspek regulasi, pembiayaan menjadi prioritas utama penyelenggara MTQ.

"Sarana prasarana dan kafilah serta dewan hakim harus menyesuaikan. Anggaran dari APBN, APBD dan pihak ke tiga harus akuntabel," katanya. 

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga