Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak, 3 Pekerja Terluka

Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak 3 Pekerja Terluka Lokasi lubang tambang yang berada di Ngalau Cigak Parambahan Talawi, meledak pada Sabtu, (25/7/2020) pukul 13.30 WIB. Sumber: istimewa

Covesia.com - Kecelakaan kerja kembali terjadi di salah satu lubang tambang di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat (Sumbar). Ledakan di dalam lubang tambang itu membuat tiga pekerja mengalami luka bakar dan terpaksa harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur membenarkan peristiwa ledakan tambang itu. Peristiwa ini, terjadi pada Sabtu (25/7/2020), ketiga pekerja berhasil selamat dan hanya mengalami luka bakar. 

"Iya betul, tambang batu bara. Ada tiga pekerja mengalami luka bakar. Kejadian dua hari yang lalu ya," kata Junaidi dihubungi Covesia.com, Senin (27/7/2020) malam. 

Ketiga pekerja telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batusangkar, Tanah Datar. Menurut Junaidi, tambang yang meledak ini sudah memiliki izin usaha. 

"Semua tambang di Sawahlunto ada izinnya. Nah, terkait berapa persen luka bakar korban saya kurang tahu. Sebab saat kejadian saya lagi berada di Padang. Silakan hubungi Pak Kasat Reskrim, dia turun langsung ke lokasi," ujarnya.

Sementara itu kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ray Sinurat belum bisa memberikan informasi. 

Dirinya belum bisa membeberkan informasi ledakan tambang in karena masih dalam tahap penyelidikan. Di samping itu, inspektorat pertambangan belum turun ke lokasi tambang.

"Belum bisa saya kasih informasi. Inspektorat pertambangan belum turun ke lokasi," sebutnya. 

Informasi yang diterima Covesia.com, lubang tambang ini berada di Ngalau Cigak Parambahan Talawi. Ledakan ini terjadi pada Sabtu, (25/7/2020) pukul 13.30 WIB mengakibatkan tiga pekerja tambang mengalami luka bakar serius. 

Sedangkan pengelola lubang adalah CV SPN yang berada di lokasi IUP PT Dasrar Sarana Arang Sejati. 

(agg/rdk) 

Berita Terkait

Baca Juga