Mendes PDTT: Untuk Sumbar, Akan Ada Formulasi Baru Dana Desa

Mendes PDTT Untuk Sumbar Akan Ada Formulasi Baru Dana Desa Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar di Kota Pariaman, Jumat (24/7/2020).

Covesia.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyebutkan, saat ini pihaknya sedang mengusahakan formulasi baru dana desa untuk Sumatera Barat (Sumbar), yaitu untuk setiap jorong.

"Usulan itu juga telah disampaikan kepada Menteri Keuangan dan Presiden Joko Widodo. Tujuannya agar Sumbar ini bisa cepat pembangunan dari desa atau nagarinya," kata Abdul Halim Iskandar pada Jumat (24/7/2020) di Kota Pariaman. 

Baca juga: Mendes PDTT Pastikan Dana Desa Akan Tetap Berlanjut Setiap Tahun

Abdul Halim mengatakan, jika setiap jorong dapat Rp1 miliar, maka itu akan sangat cepat perkembangan daerah tersebut.

"Alasan pengusulan itu karena termasuk pada kearifan lokal yang ada di Sumbar," katanya. 

Sebutan desa di daerah lain sama dengan nagari di Sumbar. Tapi nagari di Sumbar jauh lebih luas dibandingkan dengan desa pada umumnya. 

Menurutnya, dalam Undang-Undang Desa, kearifan lokal tetap dijaga, di mana ada beberapa provinsi memiliki sebutan lain untuk desa.

Abdul Halim mengatakan, kunjungannya ke Sumbar untuk menampung aspirasi masyarakat setempat. Dana desa di Sumbar diharapkan tidak lagi dialokasikan per nagari, tetapi dihitung mulai tingkat setiap jorong.

(pri/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga