MTQ Nasional ke XXVIII yang Digelar November Mendatang di Sumbar Gunakan Protokol Kesehatan

MTQ Nasional ke XXVIII yang Digelar November Mendatang di Sumbar Gunakan Protokol Kesehatan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sesaat setelah melaksanakan rapat persiapan MTQ ke XXVIII di Aula Kantor Gubernur, Senin (20/7/2020)(Foto:Laila/Covesia)

Covesia.com - MTQ Nasional akan segera digelar mulai 12-21 November 2020 mendatang. Pemerintah Provinsi Sumbar terus mematangkan persiapannya. 

"Ada 4 alternatif pelaksanaan MTQ, namun yang dipakai adalah kegiatan MTQ jalan penonton terbatas sesuai dengan protokol kesehatan, peserta juga terbatas sesuai protokol kesehatan. Jadi tidak pakai zoom," ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sesaat setelah melaksanakan rapat persiapan MTQ ke XXVIII di Aula kantor Gubernur Sumbar, Senin (20/7/2020).

Lebih lanjut Irwan mengatakan meski di tengah pandemi MTQ ini diharapkan tetap meriah. "Semoga masih terasa suasana MTQ walau di masa Covid-19. Sebab kemungkinan ini adalah satu-satunya acara nasional yang terlaksana," ujarnya. 

Untuk acara berskala nasional lainnya diundur ke tahun berikutnya seperti Penastani, Harganas, Hari anak dan sebagainya. 

Dikatakan Irwan untuk peserta MTQ yang berasal dari luar harus ada sertifikat swab serta menerapkan protokol kesehatan.  "Sampai di sini tanggungjawab kita nanti. Jika ada yang terpapar atau bagaimana, kita yang urus," jelasnya. 

Ia juga menyebutkan bahwa panitia yang di Sumbar peserta, bahkan juri kita swab semuanya. "Hal itu untuk memastikan bahwa kita sehat, tamu sehat dan semua sehat," terangnya. 

Selanjutnya, perihal lokasi kata Irwan bahwa lokasi sudah aman. Mesjid-mesjid yang ada di Sumbar seperti mesjid UNP, Baiturrahmah, Mesjid Raya, mesjid yang dua di tepi laut, Nurul Iman, banyaklah. 

Pembukaan MTQ ini nantinya direncanakan tetap memakai atraksi tapi kita batasi. "Kita menggunkan IT, sound, lighting," pungkasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga