Polda Terjunkan 6.961 Personel Amankan Pelaksanaan Pilkada Sumbar

Polda Terjunkan 6961 Personel Amankan Pelaksanaan Pilkada Sumbar Gedung Polda Sumbar

Covesia.com - Sebanyak 6.961 personel Polri diterjunkan dalam rangka pengamanan Pilkada Sumatera Barat (Sumbar), Desember 2020. 

"Ada 6.961 personel yang diterjunkan," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi Covesia via telepon, Senin (13/7/2020).

Dia merincikan, 6.961 personel tersebut terdiri atas 1.552 orang dari Polda Sumbar serta 5.402 orang dari Polresta dan Polres jajaran.

Selain menerjunkan personel, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan kerawanan per tahapan Pilkada serentak di Sumbar.

Peta kerawanan per tahapan Pilkada tersebut yaitu pengerahan massa yang menimbulkan gesekan antar pendukung, dukungan ganda, dan dualisme partai politik.

Kemudian, protes bakal calon yang tidak lolos rawan aksi anarkis, gugatan PTUN, dan netralitas KPU. Lalu, manuver politik inkumben jegal lawan dan kampanye hitam.

Selanjutnya, pengrusakan TPS dan logistik pemilihan terhambat. Kemudian, aksi anarkis massa yang kalah dan bentrok antar pendukung, dan sebagainya.

Di Sumbar, terdapat 13 kabupaten atau kota yang akan melaksanakan Pilkada, ditambah dengan Pilgub.

Lebih lanjut, Kabid Humas menerangkan, dalam pengamanan Pilkada ini, kepolisian berkerja sama dengan TNI dan Linmas.

"Kita berkerja sama dengan TNI dan Linmas," imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stefanus, ada 4.633 personel TNI dan 25.412 personel Linmas yang turut menjaga kondusifitas Pilkada Sumbar.

Total keseluruhan ada 37.006 personel gabungan Polri, TNI dan Linmas yang diterjunkan.

Di Sumbar, terdapat 11 Kabupaten dan 2 Kota melaksanakan pemilihan kepala daerah, kemudian juga pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar dilaksanakan pada 19 kabupaten dan kota.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga