Hari Ini Sekolah Dimulai, Disdik: Solusi dari Masalah Masih Dicari

Hari Ini Sekolah Dimulai Disdik Solusi dari Masalah Masih Dicari Kepala dinas pendidikan Sumbar, Adib Alfikri (kanan). Foto: Laila Marni

Covesia.com - Kepala dinas pendidikan Sumbar, Adib Alfikri mengatakan sejumlah kendala muncul saat PPDB secara daring diberlakukan. Namun demikian pemerintah terus mencarikan solusinya. 

"Proses PPDB memang ada beberapa kendala, tapi sejauh ini masih ada jalan keluar dan solusi," ungkap Adib kepada wartawan di kantor Dinas Pendidikan Sumbar, Senin(13/7/2020).

Dikatakan Adib, ada perubahan kebijakan secara nasional dalam penerimaan siswa didik baru di SMA secara krusial.

"Kita murni melaksanakan kebijakan nasional yaitunya zonasi. Ini peraturan mentri bukan Gubernur atau kepala dinas yang buat. Meski ada kendala kami terus mencarikan solusinya," tambahnya. 

"Zonasi sebenarnya sudah ada, tapi kita tahu koneksi masalahnya. Masalah ini sudah diprediksi. Kita coba agar tidak zonasi penuh. Zonasi ini minimal 50 persen afirmasi 15 persen, prestasi 30 persen dan 5 persen perpindahan orang tua," katanya. 

Adib mengatakan tahun lalu juga diberlakukan zonasi tapi hanya zonasi kabupaten kota dan ditolransi oleh kementrian. Namun sekarang "full" dilakukan secara caring. 

Adib juga mengatakan semua kendala yang terjadi harus dilalui. Sebab setiap Pergub harus disetujui oleh Kemdikbud dan Kemendagri.

"Semua informasi secara nasional, ada beberapa produksi yang tidak sesuai dengan Permen. Kita melakukan ini semua dengan beberapa tahapan," tutupnya. 

(hms.sumbr/ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga