Mulai 13 Juli 2020, Sekolah Tatap Muka Diizinkan di 4 Daerah, 2 Ditunda

Mulai 13 Juli 2020 Sekolah Tatap Muka Diizinkan di 4 Daerah 2 Ditunda Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (tengah). Foto: Laila Marni

Covesia.com - Tahun ajaran baru 2020-2021 akan dimulai tanggal 13 Juli 2020 mendatang. Dari 19 kota kabupaten hanya 6 daerah yang diizinkan melaksanakan sekolah tatap muka. 

"Karena ada hasil kajian dari 15 indikator BNPB mengenai zona. Ada zona hijau, kuning, orange, merah. Zona hijaulah yang boleh melaksanakan sekolah tatap muka," ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (6/7/2020).

Dikatakan Irwan, zona hijau itu memiliki ciri tidak ada kasus positif, lalu kesembuhan 100 persen, tidak ada kasus meninggal dalam sebulan.

"Di sumbar ada 6 zona hijau Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Sawahlunto, 50 Kota dan Pasaman Barat," jelasnya. 

Namun demikian, yang membuka sekolah secara tatap muka langsung hanya 4 daerah. Sementara 2 daerah lainnya, yakni 50 kota dan Payakumbuh menunda. 

Sedangkan Pessel dan Sawahlunto campuran antara tatap muka ada online. 

Irwan menyebut, ada 5 daerah lagi dengan status zona hijau namun karena bertambah satu atau dua kasus positif, status daerah itu berubah ke zona kuning, yakni Padang Panjang, Agam, Bukittinggi dan  Tanah Datar. 

Ditambahkan Irwan, di Sumbar tidak ada zona merah. Untuk Kota Padang masuk ke zona orange, sedangkan 12 daerah lainnya masuk ke zona kuning. 

"Padang sebagai satu-satunya zona orange akan tetap melaksanakan sekolah secara online," pungkasnya. 

(hms.sumbar/ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga