DPP Belum Beri Keputusan untuk Calon di Pilgub Sumbar, DPW PKS: Sabar Saja

DPP Belum Beri Keputusan untuk Calon di Pilgub Sumbar DPW PKS Sabar Saja Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar Foto: Covesia/Laila

Covesia.com - Surat Keputusan sekaitna calon gubernur Sumbar dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sampai saat ini masih belum diterima oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sumbar. Oleh sebab itu, DPW PKS belum memastikan siapa jagoannya yang akan diusung pada Pilgub Sumbar tahun ini.

Sebelumnya, ada dua nama kuat yang diperkirakan diusung oleh partai ini, yakni Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Walikota Payakumbuh Riza Pahlefi. 

"Surat Keputusan (SK) penunjukkan kader sebagai calon gubernur belum diterima oleh DPW PKS Sumbar. Jadi sabar saja menunggu," ungkap ketua DPW PKS, Irsyad Syafar kepada Covesia, Selasa (30/6/2020).

Irsyad mengatakan, kewenangan memberi amanah untuk maju di Pilgub adalah kewenangan DPP. 

"Untuk saat ini belum kami terima, nanti kalau sudah ada informasinya akan kami kabari," imbuhnya. 

Saat ini PKS di DPRD Sumbar memiliki 10 kursi, sama dengan PAN dan Partai Demokrat. Untuk mengajukan pencalonan PKS harus berkoalisi dengan partai lain. 

Guna memenuhi persyaratan pencalonan yakni 20 persen, PKS kemungkinan berkoalisi dengan PPP (4 kursi). 

PPP sendiri sudah mengusung calonnya yakni Audy Joinaldy sebagi Calon Wakil Gubernur. Jika koalisi antara PKS dan PPP jadi, maka jumlah kekuatannya 14 kursi, artinya sudah dapat mengusung pasangan Cagub dan Cawagub Sumbar. 

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga