''Digas'' Jokowi Soal Bansos, Mensos Klaim Sudah Cukup Banyak Terobosan Sejak Awal

Digas Jokowi Soal Bansos Mensos Klaim Sudah Cukup Banyak Terobosan Sejak Awal Presiden Jokowi memberi arahan dalam Rapat Kabinet Paripurna pada 18 Juni 2020. Sumber: Sekretariat Presiden

Covesia.com - Presiden Jokowi pada Kamis (18/6/2020) lalu dalam Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, memberi arahan tegas kepada seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju khususnya pada penekanan kondisi krisis dalam penanganan Covid-19. 

Sejumlah kementerian jadi sorotan Jokowi lantaran dinilai berjalan biasa-biasa saja, termasuk salah satunya Kementerian Sosial. 

Baca juga: Video Jokowi Marah-marah, Kejadian 18 Juni, Diunggah 28 Juni, Kenapa?

Selasa (30/6/2020), Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, dalam percepatan perlindungan sosial lewat bantuan sosial, sejak awal COVID-19 lembaganya telah melakukan terobosan yang menurutnya cukup signifikan. 

"Sebenarnya sejak awal April itu sudah cukup banyak terobosan," kata Mensos di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa.

Dia menjelaskan, terobosan diantaranya untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), Bantuan Sosial Tunai (BST) yang seharusnya sebulan sekali langsung diberikan tiga tahap sekaligus.

"Artinya, penerima tidak perlu bolak-balik ke Kantor Pos atau loket pembayaran," kata Mensos.

Kemudian terkait masalah data dari daerah yang lambat, Mensos sudah menginstruksikan untuk bisa diganti daerah lain yang datanya sudah siap sehingga bisa cepat disalurkan.

Baca juga: Tangani Covid-19, Jokowi Minta Menterinya Buat Terobosan: Tidak Datar-datar Saja!

Sedangkan untuk kelanjutan penyaluran bansos yang awalnya hanya April hingga Juni, berlanjut hingga Desember 2020.

Terkait anggaran, katanya, karena bansos khusus COVID-19 terus dilanjutkan hingga Desember, maka anggaran juga bertambah seperti BST ditambah lagi Rp16,2 triliun dari awal Rp16,2 triliun.

Menurutnya, begitu juga dengan instruksi Mensos untuk daerah yang disusun secara sederhana tanpa menyulitkan pemerintah daerah.

Berita Terkait

Baca Juga