Pulihkan Perekonomian Sumbar, Kepala BI Sarankan Genjot Sektor Pariwisata

Pulihkan Perekonomian Sumbar Kepala BI Sarankan Genjot Sektor Pariwisata Kepala BI Wilayah Sumbar, Wahyu Purnama

Covesia.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi perekomian Sumatera Barat. Bahkan bisa dikatakan mengalami perlambatan dan penurunan cukup tajam. 

Namun demikian, pertumbuhan ekonomi Sumbar selalu di atas nasional. Bahkan saat pandemi ini pertumbuhan ekonomi Sumbar tetap berada di atas rata-rata nasional.

"Untuk memulihkan perekonomian Sumbar kita harus fokus dulu mengembangkan apa. Dalam rekomendasi kami, Sumbar hendaknya fokus pada pariwisata," ungkap Kepala BI Wilayah Sumbar, Wahyu Purnama kepada wartawan, Rabu (24/6/2020).

Wahyu berpendapat seperti demikian karena pariwisata merupakan sektor unggulan yang didukung destinasi yang terkenal hingga mancanegara. "Tak hanya itu, pariwisatalah potensi kita," tambahnya.

"Saat ini perekonomian Sumbar berada di kisaran 2,3 sampai dengan 2,7. Ini dikarenakan basis kita di pertanian 23 persen. Lalu ekspor kita walaupun kecil masih berjalan," imbuhnya. 

Dikatakan Wahyu, transaksi ekonomi sudah mulai berjalan lagi. Sewaktu kita baru mau masuk "new normal" seakan-akan sudah normal, sebutnya.

Tak hanya itu, dalam mengembangkan UMKM, Sumbar perlu mengarahkan UMKM masuk ke dunia digital. 

Mereka menjual produknya dalam platform digital. Juga pembayaran menggunakan digital. 

"Mereka beralih ke prodak yang lebih dibutuhkan. Misalnya untuk fashion beralih ke masker dan lain sebagainya," pungkasnya.

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga