BI: Semen Padang Hospital jadi Rumah Sakit Pertama Gunakan QRIS

BI Semen Padang Hospital jadi Rumah Sakit Pertama Gunakan QRIS Peresmian pemakaian QRIS Rumah Sakit Semen Padang Hospital, di Bank Indonesia, Selasa (24/6/2020)(Foto: Covesia/ Laila)

Covesia.com - Semen Padang Hospital menjadi rumah sakit pertama di Sumatera Barat yang menggunakan QRIS untuk pembayaran. Artinya rumah sakit ini bisa menjadi contoh untuk mensosialisasikan ke masyarakat bahwa bisa menggunakan QRIS. 

"Ada berbagai tugas Bank Indonesia antaranya, menjaga stabilitas nilai rupiah, menjaga inflasi, mengembangkan UMKM. Namun, yang terlihat oleh msyarakat adalah sistem pembayaran. Jadi QRIS adalah metode pembayaran digital yang sudah terintegrasi di aplikasi mobile banking jadi maayarakat dengan mudah menggunakannya," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan wilayah Sumbar, Wahyu Purnama, saat peresmian QRIS Semen Padang Hospital, Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut dikatakan Wahyu kita harus kurangi penggunaan uang tunai. Sebab negara maju ditandai dengan mengecilnya penggunaan uang tunai.

"Sistem baru adalah menggunakan QR code. Ada dua macam QRIS pertama statis, kita yang menginput nominalnya. Qris dinamic sudah ada harganya," ujarnya. 

Disebutkan Wahyu, merchant di Sumbar sudah mencapai 35 ribu yang menggunakan QRIS termasuk Masjid, Pasar Raya, Panti Asuhan dan hari ini Rumah Sakit Semen Padang. 

Ini penting diimplementasikan, yang paling banyak di rumah sakit biasanya menggunakan kartu debit, kartu kredit. "Nah kalau HP, kan punya sendiri jadi lebih aman," imbuhnya. 

Kami harapkan semua rumah sakit bisa menggunakan QRIS. Ini bagian dari dunia digital. Ke depan kita tak akan terlepas dari dunia digital. "Kita terbiasa menggunkan zoom, skype, belanja online, pembayaran salah satunya dengan QRIS," ujarnya.

Ke depan pembayaran di daerah ke retribusi dan parkir akan menggunakan QRIS. "Hp tak hanya untuk sosmed tapi juga pembayaran dan pembelian, " tutupnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga