Lima Pendaki yang Hilang Arah saat Turun Gunung Marapi Ditemukan Selamat di Rimbo Kalam

Lima Pendaki yang Hilang Arah saat Turun Gunung Marapi Ditemukan Selamat di Rimbo Kalam Ilustrasi - Pendaki Gunung Rinjani yang sempat terjebak longsor akibat gempa bumi tiba di Pos Bawaknao, Sembalun, Lombok Timur, NTB. Dok Foto: Antara /Akbar Nugruho Gumay

Covesia.com - Lima pendaki Gunung Marapi asal Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumbar berhasil ditemukan tim survivors, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 11.30 WIB. Mereka ditemukan dalam keadaan selamat di Rimbo Kalam.

Kelaksa BPBD Kabupaten Agam, Luthfi Ar mengatakan pihaknya langsung bergerak cepat setelah mendapatkan laporan dari wali nagari setempat terkait adanya laporan warga hilang saat melakukan perjalanan turun gunung dan tersesat di hutan.

Selanjutnya, BPBD Agam berkoordinasi dengan pihak kecamatan, nagari, KSB dan masyarakat untuk melakukan pencarian kelima pemuda tersebut.

"Setelah melakukan pencarian, tim berhasil menemukan kelima pemuda asal Bukik Batabuah itu dalam keadaan selamat di Rimbo Kalam," katanya.

Ia menambahkan saat ini kelima pemuda tersebut telah bersama dengan tim survivors dan sedang dilakukan evakuasi turun dari Gunung.

Sebelumnya, lima orang prmuda yang dilaporkan hilang diantaranya Nuri (18), Ridho (19), Halim (19), Fauzi (19) dan Robi (19) melakukan pendakian memulai pos pendakian Gunung Marapi Koto Baru pada Sabtu (20/6/2020).

Saat akan turun gunung pada Senin (22/6/2020) pemuda itu memilih jalur penurunan di Badorai tanpa perbekalan. 

Namun, mereka tersesat dan mengirim pesan singkat (SMS) kepada kelompok pencinta alam Palala Agam.

(dbi/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga