Terapkan Protokol Covid-19, Warga Sumbar Gelar Salat Gerhana Matahari di Masjid Raya

Terapkan Protokol Covid19 Warga Sumbar Gelar Salat Gerhana Matahari di Masjid Raya Warga gelar salat gerhana matahari di Masjid Raya Sumbar, Minggu (21/6/2020)

Covesia.com - Meski di tengah pandemi Covid-19, masyarakat Sumbar tetap antusias untuk mengikuti shalat gerhana matahari, Minggu (21/6/2020). Ratusan jemaah terus berdatangan ke Mesjid Raya Sumbar, hingga pukul 14.00 Wib.

Berdasarkan pantauan Covesia jemaah berdatangan dan mengikuti protokol Covid-19. Saat jemaah datang, mereka berwudu, mencuci tangan, menggunakan masker. Sesampai di dalam mesjid diatur jarak antar jemaah.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan kepada Jemaah untuk menjaga kebersihan, membawa peralatan ibadah sendiri. 

"Mari kita mendekatkan diri kepada Allah dengan turut menunaikan sunah salat gerhana matahari. Namun tetap memperhatikan kesehatan di tengah pandemi Covid-19," ungkapnya di Padang.

Menurut BMKG Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Pada tahun 2020 ini diprediksi terjadi enam kali gerhana, yaitu, 

1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Januari 2020 yang dapat diamati di Indonesia

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 6 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia

3. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa 

Gerhana Matahari Sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera 

bagian Selatan.

4. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia

5. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 20 November 2020 yang dapat diamati di wilayah Indonesia 

bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia.

Hari ini gerhana matahari di kota Padang kontak awal terjadi pada pukul 14:13 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14:53 WIB dan kontak akhir pada 15: 31 WIB.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga