Salat Jumat Perdana di Masjid Raya Sumbar usai PSBB: Khutbah 10 Menit, Jemaah Physical Distancing

Salat Jumat Perdana di Masjid Raya Sumbar usai PSBB Khutbah 10 Menit Jemaah Physical Distancing Suasana salat Jumat di Masjid Raya Sumbar setelah PSSB, Jumat (19/6/2020). Foto: Fakhruddin

Covesia.com - Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) menggelar salat Jumat pertama kalinya pasca pemberlakuan pola hidup baru atau new normal dalam masa pandemi Covid-19 di Kota Padang.

Berdasarkan pantauan Covesia hari ini, Jumat (19/6/2020), masyarakat tampak antusias mengikuti ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim laki-laki ini di Masjid Raya Sumbar.

Salat Jumat dilaksanakan di Lantai 1 masjid itu. Sebelum memasuki tempat salat, jemaah diwajibkan membersihkan tangan dengan sabun dan air di wastafel yang telah disediakan pengurus masjid. 

Setiap jemaah juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh. Ada petugas yang ditempatkan khusus untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan thermo gun.

Setiap jemaah juga diharuskan menggunakan masker. Memang, berdasarkan pantauan Covesia, pihak pengurus masjid telah memasang tanda informasi bahwa kawasan tersebut wajib menggunakan masker di sejumlah sudut masjid. 

Selain itu, pihak masjid juga memasang spanduk tentang protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19. 

Sekitar 12.20 WIB, azan pun mulai berkumandang. Berdasarkan pantauan Covesia, jemaah yang melakukan salat Jumat harus menerapkan social distancing. Terlihat, satu jemaah dengan jemaah lainnya menjaga jarak sekitar satu meter.

Tidak ada karpet di Lantai 1 masjid itu. Setiap orang dianjurkan membawa sajadah sendiri dari rumah masing-masing. 

Setelah azan berkumandang, khatib pun menyampaikan khutbah. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang menjadi khatib pada salat Jumat perdana di Masjid Raya Sumbar. Irwan menyampaikan khutbah sekitar 10 menit. Secara garis besar, khutbahnya berisi tentang sabar menghadapi musibah dalam masa pandemi Covid-19.

Setelah khutbah, salat Jumat pun dilaksanakan. Sekitar 12.45 WIB, salat pun selesai dilakukan.

Ditemui wartawan usai melaksanakan salat Jumat, Irwan mengatakan salat Jumat di Masjid Raya Sumbar kali ini merupakan salat Jumat perdana pasca Kota Padang menerapkan pola hidup baru sejak Minggu (13/6/2020).

"Mudah-mudahan kerinduan muslim terhadap masjid terpenuhi, tapi tetap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan," ujarnya.

Dia mengatakan dirinya memang sengaja melakukan khutbah Jumat sekitar 10 menit. Hal tersebut berdasarkan anjuran MUI agar khatib menyampaikan khutbah secara ringkas, singkat, dan padat. 

"Istilahnya iqtisad. Khutbah disampaikan secara ringkas, singkat, dan padat. Jadi kalau dihitung 10 menitan, paling lama 15 menit," imbuhnya.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga