Aurel, Penderita Kanker Ovarium di Mentawai Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan

Aurel Penderita Kanker Ovarium di Mentawai Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Aurel pelajar SMKN 3 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat ini menderita kanker ovarium. Saat ini kondisi siswi 21 tahun ini sangat memprihatinkan dengan bagian perut yang membesar dan membuatnya sulit untuk bergerak.

Menurut keterangan orang tua Aurel, sakit yang dideritanya bermula sejak dua bulan lalu.

Arbet (57) ayah Aurel menerangkan bahwa awalnya yang sakit pada bagian kaki Aurel. Kemudian, bagian perutnya terasa sakit dan Aurel pun sudah pernah dibawa berobat ke Puskesmas Sikakap.

Karena tidak ada biaya untuk berobat lagi, akhirnya orangtua Aurel membawanya pulang kampung seizin dokter di sana.

Sesampainya di kampung di Desa Sinakak, Kecamatan Pagai Selatan,A urel diberi pengobatan alternatif secara tradisional dan mendapatkan perawatan dari bidan setempat. Kemudian, setelah ada biaya untuk berobat kembali, Aurel dibawa berobat ke Bulasat satu minggu.

Selanjutnya dokter merujuk agar Aurel segera dibawa ke Tuapejat.

"Kita datang ke Tuapejat sejak minggu lalu. Sebenarnya, dokter sudah menyarankan secepatnya, namun kami tidak bisa segera datang karena kapal antar pulau tidak beroperasi pada masa PSBB," kata Arbet di RSUD Mentawai, kamis (18/6/2020).

Selanjutnya, dokter di RSUD Mentawai menyarankan agar Aurel segera dirujuk ke Padang.

"Kita setuju dirujuk ke Padang, hanya saja kita terkendala biaya hidup sebagai pendamping anak di RS sana. Jika ada yang bisa membantu kami, kami sangat bertrimakasih," kata ayah Aurel.

Terkait biaya pengobatan Aurel, pihak Rumah sakit menyatakan bahwa dengan BPJS miliknya hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, persoalannya biaya hidup orangtuanya saat menjaga Aurel di Padang.

Menurut keterangan Direktur RSUD Mentawai dr.Jimmy Yul Ambarita, Pasien harus menjalani operasi total atau lebih baik operasi parsial yaitu dengan pengangkatan tumor setengah dan dilanjutkan dengan kemoterapi atau radioterapi.

Adapun operasinya rencananya dirujuk di rumah sakit M.jamil atau Unand di Kota Padang.

"Kita mohon bantu dukungan doa, moril, dan dana untuk keluarga, karena mereka akan lama menjaga di sana selama proses pengobatan. Sementara ini, kita stabilkan dulu kondisinya sebelum merujuk," kata Jimmy.

Bagi yang ingin mendonasikan dana untuk membantu Aurel dan keluarganya, bisa menghubungi nomor handphone di 082285321483 atas nama Ria ( sepupu ibu Aurel /tantenya).

Kontributor Metawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga