72 Warga Pessel Dikarantina Karena Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19

72 Warga Pessel Dikarantina Karena Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid19 Ilustrasi

Covesia.com - Sebanyak 72 warga di Kabupaten Pesisir Selatan, dikarantikan di Rusunawa Painan menyusul dugaan pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Rinaldi mengatakan, 72 warga Pessel yang dikarantinakan itu diduga pernah kontak dengan pedagang klaster Pasar Raya Padang yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Warga yang dikarantinakan itu, tersebar di dua kecamatan yaitu Batangkapas dan Koto XI Tarusan," sebutnya kepada Covesia.com, Senin (1/6/2020).

Ia menjelaskan, 72 orang itu telah dikarantinakan di Rusunawa Painan, setelah tim gugus tugas penanganan Covid-19, melakukan penelusuran terhadap orang yang kontak erat dengan pasien positif. 

Proses penelusuran pertama kali dilakukan di Kenagarian Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, pada Selasa (26/5/2020). Sebanyak 11 warga dari daerah itu dikarantina.

"Mereka keluarga orang terkonfirmasi positif Covid-19, yang termasuk klaster Pasar Raya Padang. Dia sempat pulang kampung ke Kapuah sebelum hasil tes swab menyatakan positif," jelasnya.

Kemudian, penelusuran tahap kedua dilakukan pada Jumat (29/5/2020) di Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas. Sebanyak 32 orang dikarantina. 

"Pasien positif ini juga sempat pulang ke Batangkapas, sebelum hasil swab keluar,"ujarnya

Sementara, hasil penelusuran yang dilakukan pada Minggu (31/5/2020) di Kecamatan Koto XI Tarusan, terdapat 32 orang tenaga medis Puskesmas Barung Balantai, pernah kontak erat dengan pasien positif.

"Mereka juga diduga kuat pernah kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19, lagi-lagi dari orang termasuk Klaster Pasar Raya Padang," sebutnya.

Total pelaksanaan karantina Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang telah dilakukan berjumlah 262 orang.

"Yang telah selesai menjalani karantina selama 14 hari sebanyak 190 orang dan 72 orang lagi sedang menjalani karantina. Juga ada 3 orang lagi yang dikarantina mandiri di rumah," katanya.

Dia menambahkan, untuk perkembangan Covid-19 di Pessel, Senin (1/6/2020), tidak ada penambahan kasus. 

"Jumlah kasus positif Covid-19, masih tetap berjumlah 18 orang dengan rincian. Sembuh sebanyak 13 orang, meninggal 1 orang dan masih dirawat dan dikarantina sebanyak 4 orang di Balai Diklat BPSDM Sumbar, Padang Besi, Diklat Kemenag dan Bapelkes Provinsi Sumatera Barat," tutupnya.

(idy/rdk) 

Berita Terkait

Baca Juga