Tiga Daerah di Sumbar Minta Transisi New Normal, Pemprov Hanya Setujui Kota Bukittinggi

Tiga Daerah di Sumbar Minta Transisi New Normal Pemprov Hanya Setujui Kota Bukittinggi Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com – Dari tiga daerah yang meminta agar Pemprov Sumbar memberi izin untuk diberlakukannya New Normal, hanya Kota Bukittinggi yang diizinkan untuk menerapkan status New Normal. Hal ini dikarenakan dua daerah lain dirasa belum siap untuk memberlakukan New Normal.

“Dari tiga daerah yang meminta Transisi New Normal, yang siap untuk hal tersebut hanya Kota Bukittinggi. Sedangkan dua daerah lain yakni Kota Padang Panjang dan Kabupaten Pesisir Selatan dirasa belum siap,” sebut Kabag Humas pemprov Sumbar, Zardi kepada Covesia.com, Kamis (28/5/2020).

Pertimbangan Pemprov mengizinkan Bukittinggi untuk New Normal ini tidak lain karena memiliki sarana dan prasarana yang mendukung. Disamping itu, kesiapan Bukittinggi untuk menanggulangi Covid-19 juga telah layak yang dibuktikan dengan sembuhnya seluruh warga Bukittinggi yang terpapar Covid-19.

“Bukittinggi memilik Rumah sakit rujukan Covid-19 yaitu RS Achmad Moechtar dan dekat dengan lokasi karantina di Baso. Ditambah lagi seluruh warganya yang terpapar Covid-19 sudah sembuh semua. Ini pertimbangan pak gubernur,” ucap Zardi.

Namun, dua daerah yang meminta transisi New Normal disebutkan Zardi bukan berarti belum siap untuk melakukan  hal tersebut. Namun, perlu persiapan lebih lanjut dan menyeluruh secara bersama.

Pada PSBB tahap III ini, seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat nantinya akan melakukan kajian ulang dan menyempurkan protap Covid-19 sesuai dengan aturan dari Kemenkes RI dan Kemendagri 380 tahun 2020.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menggelar rapat online dengan seluruh Walikota dan Bupati se-Sumbar, Kamis siang. Disini diputuskan PSBB akan diperpanjang mulai tanggal 30 Mei hingga 7 Juni 2020. Dalam rapat ini, tiga daerah meminta untuk menerapkan transisi New Normal yaitu Kabupaten Pesisir Selata, Kota Bukittinggi dan Padang Panjang.

(agg/adi)

Berita Terkait

Baca Juga