Kawal Penerapan New Normal di Sumbar, Polda Terjunkan 6.000 Personel

Kawal Penerapan New Normal di Sumbar Polda Terjunkan 6000 Personel (Foto: Dokumen Covesia)

Covesia.com - Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu dari empat provinsi di Indonesia yang akan menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. 

Pemberlakuan pendisiplinan protokol kesehatan tersebut bertujuan agar aktivitas perekonomian masyarakat bisa bergerak di tengah situasi pandemi virus corona baru dari Wuhan.

Menyingkapi hal tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar siap mendukung pengamanan pendisiplinan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 di Sumbar.

"Polda Sumbar siap mendukung pengamanan new normal atau pola hidup baru di bidang ekonomi dengan mengutamakan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19," ujar Kabid Humas Polda Sumbar Stefanus Satake Bayu Setianto saat ditemui Covesia di ruangannya di Markas Kepolisian Daerah Sumbar, Selasa (26/5/2020) sore.

Dia menuturkan, dalam penerapan penerapan new normal dalam bidang ekonomi di Sumbar, Polda Sumbar akan menurunkan sekitar enam ribu personel. "Mereka akan diterjunkan di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, mal, dan restoran," jelas Kabid Humas.

Selain melakukan pengamanan di lokasi, personel Polda Sumbar akan melakukan patroli. Karyawan atau masyarakat yang berkunjung ke tempat keramaian tersebut diharapkan mematuhi aturan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Seperti menggunakan masker dan social distancing.

Selain itu, Polda Sumbar juga akan melakukan rapid test kepada sejumlah masyarakat yang berada di tempat keramaian tersebut. Untuk itu, Polda Sumbar akan berkerja sama dengan dinas kesehatan setempat. "Sementara itu, personel yang diterjunkan harus sehat secara fisik dan mematuhi protokol kesehatan penangan Covid-19," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan ada empat provinsi di Indonesia yang akan menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. Selain Sumbar, provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo. 

(fkh)


Berita Terkait

Baca Juga