Daerah Zona Hijau di Mentawai Diizinkan Salat Id di Masjid

Daerah Zona Hijau di Mentawai Diizinkan Salat Id di Masjid Ilustrasi - Salat Id di Masjid Istiqlal jakarta. Dok. Foto: Antara

Covesia.com - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020 bagi wilayah atau Desa kategori zona hijau atau yang bebas dari kasus positif Covid 19, seperti di Pulau Siberut dan Pagai Utara Selatan.

Hal tersebut dikatakannya usai menggelar rapat bersama unsur Forkopimda dan FKUB dalam menentukan pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ditengah pandemi  Covid-19.

Yudas mengimbau pelaksanaan salat Id di pulau Sipora atau zona merah, dilarang dilaksanakan di lapangan terbuka dan konvoi malam takbiran tidak bisa digelar, karena Sipora sudah masuk kategori zona merah.

"Bukan melarang pelaksanakan salat Idul Fitri, kita sangat menghormati itu. Namun karena pandemi Covid-19, sebaiknya dilakukan di rumah masing masing agar aman," ujar Yudas, Jumat (22/5/2020).

Sementara di Pulau Siberut dan Pagai Utara Selatan diperbolehkan melakukan salat Idul Fitri di masjid, namun setiap masjid wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Sementara Juru Bicara Bagian Kesehatan Pencegahan Covid-19 Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar juga menyampaikan bahwa jemaah masjid yang diperbolehkan melaksanakan salat Idul Fitri tersebut wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan membawa kain sajadah dari rumah masing masing.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga