Humanity Change Organization Galang Donasi untuk Panti Asuhan Bundo Saiyo

Humanity Change Organization Galang Donasi untuk Panti Asuhan Bundo Saiyo Ilustrasi

Covesia.com - Kabar meninggalnya seorang pasien positif Covid-19, berinisial N, pendiri Panti Asuhan Bundo Saiyo di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, mengundang perhatian dari berbagai khalayak.

"Hal ini disebabkan bukan hanya oleh latar belakang beliau sebagai pendiri Panti Asuhan Bundo Saiyo, namun juga kondisi panti yang memprihatinkan sejak kepergiannya," ujar Ketua Humanity Change Organization (HCO), Sirajul Fuad Zis, dalam keterangan pers, Rabu (20/5/2020).

Pasien berinisial N tersebut meninggal dunia pada 12 Februari 2020. Ketua Yayasan, NY, juga dinyatakan positif terpapar virus SARS-CoV-2. Selain itu, Panti Asuhan Bundo Saiyo juga kekurangan tenaga pengawas dan pengasuh. 

"Situasi semakin miris setelah diketahui 10 dari 50 anak panti asuhan termasuk dalam ODP (Orang dalam Pemantauan)," jelasnya.

Kondisi ini, tutur Sirajul, tentunya mengundang simpati masyarakat, tak terkecuali bagi HCO. Organisasi yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan ini pun membuka donasi. Hingga 18 Mei 2020, total donasi yang terkumpul sebanyak Rp8.685.000. 

"Adapun pengumpulan dana bantuan ini akan dilakukan sampai tanggal 23 Mei 2020. Dan nantinya dana yang terkumpul akan diserahkan oleh HCO kepada Panti Asuhan Bundo Saiyo," imbuhnya.

HCO berdiri sejak 2 Februari 2020. Sirajul mengatakan besarnya animo yang diterima HCO dalam kegiatan donasi perdana ini pada dasarnya tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Mulai dari Pengurus HCO, yang terdiri dari Lailatul Himni, Mona Triana, Ade Faulina, Nadia Adela dan Nike Nofianti, Walikota Padang, serta mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi FISIP UNAND Angkatan 2019, influencer, pengusaha, maupun masyarakat umum. 

Sirajul yang juga mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi FISIP UNAND itu mengungkapkan terima kasih atas segala bantuan moril maupun materil yang diterima. Ia menyatakan bahwa kegiatan donasi bertajuk “Bantu Sesama dan Sebarkan Kebaikan” ini diharapkan dapat menjadi satu upaya positif dalam mengenalkan HCO kepada masyarakat.

"Selain itu HCO juga berusaha untuk ikut berpartisipasi aktif dalam masa pandemi yang masih dirasakan hingga saat ini. Dan semoga ke depannya organisasi ini bisa membantu dalam mengkampanyekan dan mengatasi isu-isu sosial maupun kemanusiaan yang terjadi di tengah masyarakat," harapnya.

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga