Kota Solok Laporkan Kasus Pertama Covid-19

Kota Solok Laporkan Kasus Pertama Covid19 Ilustrasi (Foto: Covesia)

Covesia.com - Kota Solok Sumatera Barat melaporkan kasus pertama positif Covid-19 pada Senin (18/5/2020) malam.

Satu warga asal Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, berusia 25 tahun dinyatakan positif Covid-19. ia diketahui bekerja sebagai kampaser (tukang kampas) dengan rute perjalanan Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.

Diduga kuat pasien 01 ini terpapar di daerah Dharmasraya. 

Hal ini dibenarkan oleh Walikota Solok Zul Elfian dan mengaku sedih dengan adanya kasus pertama ini, pasalnya menurut Zul Elfian pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya agar kota beras itu bisa mempertahankan status zona hijau Covid-19.

"Akhirnya pertahanan kita jebol juga. Meski warga tersebut bukan terjangkit karena transmisi lokal, tapi dari perjalanan luar daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pasien 01 ini akan ditangani RSUD Bandar Pandung Kota Solok yang merupakan Posko Utama penangan Covid-19 di Kota Solok.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kota Solok, dr. Ambun Kadri mengungkapkan pihaknya juga tengah menunggu hasil swab 7 warga asal Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah. Yakni TM, SW, RM, MT, HN, SC, dan SL. Dari tujuh warga tersebut, 3 warga yakni TM, SW, dan HN dinyatakan positif hasil rapid test.

Sebelumnya Kota Solok merupakan zona hijau Covid-19 dimana tak terdapat satu pun kasus Covid-19, bersama Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga