Pemprov Sumbar Tak Gelar Salat Idulfitri Tahun Ini

Pemprov Sumbar Tak Gelar Salat Idulfitri Tahun Ini Ilustrasi

Covesia.com - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar tahun ini tidak melaksanakan Salat Idulfitri dikarenakan kondisi yang belum memungkinkan akibat Covid-19.

"Pemprov sendiri tidak melaksanakan salat Idul Fitri. Sudah diputuskan tidak ada salat ied di halaman kantor Gubernur dan Mesjid Raya," ungkap Nasrul Abit kepada wartawan di Padang, Senin (18/5/2020).

Meski demikian, kata Nasrul, untuk kabupaten dan kota yang betul-betul aman, sesuai keputusan kita 5 Mei lalu diberikan kesempatan lokal wisdom. " Di kabupaten dan kota yang betul-betul aman, ada masyarakat tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus masjid kalau betul-betul aman ya dibolehkan," jelasnya.

Pun demikian untuk kelurahan di kota Padang yang dianggap aman, atau lokal wisdom. "Ya silakan kalau aman dan masyarakat yakin yang datang itu tidak terjangkit covid-19 dan jaga jarak," katanya.

Lebih lanjut Nasrul mengatakan pemerintah mengimbau untuk tidak melaksanakan salat ied di masjid. "Kan itu juga sunah sebenarnya, jadi di rumah saja, ini juga mengajarkan kita untuk menjadi imam salat di rumah," terangnya.

Nasrul mengatakan jika ada masyarakat di zona merah yang melaksanakan Salat Idulfitri, pihaknya tidak dapat memberikan sanksi, sebab polisi yang bisa memberikan sanksi yang melanggar PSBB. "Kita hanya mengimbau untuk kesehatan kita semua,"ungkapnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga