Tertimbun Longsor, Akses Padang-Bukittinggi Via Malalak Lumpuh

Tertimbun Longsor Akses PadangBukittinggi Via Malalak Lumpuh Dok. BPBD Agam

Covesia.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Kamis (14/5/2020) malam memicu terjadinya longsor di Kecamatan Malalak.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR melalui Kabid KL Syahrizal mengatakan, longsor yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB tersebut menimbun badan jalan di dua titik yaitunya di Jalan Batu Apik, Malalak Utara dan diĀ  Jorong Toboh Tangah, Nagari Malalak Timur.

Untuk di Malalak Utara, volume longsor cukup besar menimbun seluruh badan jalan, sehingga tidak bisa dilalui sama sekali sedangkan di lokasi kedua di Jorong Toboh, material tanah menimbun sebagian badan jalan dan masih bisa dilewati Kendaraan

"Saat ini Pemerintah kecamatan dan Danramil Malalak sudah berada di lokasi untuk memantau kondisi jalan," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Sementara itu untuk proses evakuasi belum bisa dilakukan, mengingat curah hujan masih tinggi yang bisa saja terjadinya bencana susulan. "Sesuai SOP belum bisa dievakuasi, karena sangat berbahaya, dan masih berpotensi longsor susulan, berkemungkinan akan kita kerjakan besok," ulasnya.

Pihaknya mengimbau pengendara yang melintas untuk tidak melewati lokasi tersebut karena sangat berbahaya. "Untuk Jalan Raya Bukittinggi-Padang saat ini kita menganjurkan melewati Padang Panjang. Untuk evakuasi besok pagi belum bisa dipastikan apakah menggunakan alat berat atau tidak, namu proses pembersihan kita lakukan segera," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga