Orang Tua Bayi Isyana akan Laporkan RSUP M Djamil Padang ke Polda Sumbar

Orang Tua Bayi Isyana akan Laporkan RSUP M Djamil Padang ke Polda Sumbar Ilustrasi

Covesia.com - Orang tua yang bayinya meninggal dunia, atas nama Isyana berusia 1 bulan asal Kelurahan Jawi-jawi II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang pada Rabu (29/4/2020) lalu, rencananya akan melaporkan pihak RSUP tersebut ke Polda Sumatera Barat (Sumbar).

"Sekarang masih dalam rumbukan keluarga, tapi kemungkinan besarnya akan kami laporkan, karena kami sudah punya penasehat hukum (PH) saat ini," sebut Ibu Isyana, Rydha (32) saat dihubungi covesia.com pada Selasa (5/5/2020).

Lanjut Rydha, rencana pihaknya akan melaporkan kasus tersebut ke Polda Sumbar, dalam waktu satu atau dua hari ke depan. 

"Tadi kami juga sudah melaporkan kasus tersebut ke pihak Ombusdman," ujarnya. 

Rydha juga menyebutkan, sebelum melapor ke Polda Sumbar, pihaknya juga akan melakukan somasi terhadap pihak RSUP M Djamil Padang.

"Sekarang kami lagi mempersiapkan bahan-bahan untuk somasi tersebut. Tapi kami usahakan hari ini bisa diantar ke RSUP M Djamil Padang," katanya. 

Rydha mengatakan, keputusan itu ditempuh karena ingin mendapatkan penjelasan soal kelalaian yang dilakukan pihak rumah sakit sehingga mengakibatkan anaknya meninggal, serta penjelasan alasan apa ditetapkannya bayinya PDP Covid 19.

Kemudian kata Rydha, pihaknya juga sudah melaporkan masalah tersebut ke Dinas Kesehatan Kota Pariaman, DPRD Kota Pariaman dan DPRD Provinsi pada Senin (4/5/2020).

"Saya berharap sebagai warga Kota Pariaman, pemerintah mendukung saya untuk mendapatkan keadilan terhahap kasus yang menimpah anak saya," ucap Rydha.

Sebelumnya, Isyana bayi berusia 1 tahun itu menghembuskan nafas terakhir saat berada di RSUP M Djamil Padang pada Rabu (29/4/2020) lalu. Ia dirujuk dari RS Aisyah Pariaman, diduga karena mengalami infeksi paru-paru dan saat disusui ibunya bayi tersebut tersedak, setelah itu mengalami sesak nafas.

Pihak keluarga menduga, kematian Isyana karena adanya kelalaian penanganan terhadap bayi tersebut, karena setelah sampai di RSUP M Djamil Padang, bayi mereka hanya dimasukan ke ruangan isolasi yang dinilai keluarga semakin memperburuk keadaan bayi mereka.

Rydha mengaku, bersama keluarga akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan keadilan itu. Karena kematian Isyana murni kelalaian yang dilakukan pihak rumah sakit.

"Saya melihat langsung kelalaian yang dilakukan pihak rumah sakit, banyak saksi yang akan mendukung saya. Termasuk rekaman CCTV yang ada di rumah sakit itu. Saya berharap dengan adanya kasus ini, tidak ada lagi korban berikutnya," ungkapnya. 

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga