Korea Selatan Mulai Buka Kembali Sekolah Pekan Depan

Korea Selatan Mulai Buka Kembali Sekolah Pekan Depan Ilustrasi

Covesia.com - Korea Selatan pada Senin (4/5/2020), memutuskan untuk mulai membuka sekolah secara bertahap minggu depan, setelah tidak ada kasus Covid-19 lokal baru yang dilaporkan selama tiga hari berturut-turut.

Menteri Pendidikan Yoo Eun-hae mengatakan dalam pengarahan berita di Seoul bahwa siswa sekolah menengah akan menjadi yang pertama memulai kelas pada 13 Mei, lansir Anadolu dari kantor berita Yonhap, Selasa (5/5/2020).

"Dimulai pada 20 Mei, yaitu dua minggu setelah liburan utama bulan Mei, kami akan mendorong untuk [membuka kembali sekolah] dalam proses bertahap dan berurutan," ujar dia.

Langkah itu diambil setelah melambatnya penyebaran infeksi virus korona yang menyebabkan pihak berwenang mengumumkan pelonggaran pembatasan sejak Rabu lalu.

Korea Selatan telah beralih ke kelas online sejak awal April untuk menghindari penyebaran infeksi. Tahun akademik biasanya dimulai pada Maret, tetapi tertunda karena pandemi.

Pihak berwenang sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri pembatasan jarak sosial yang berlangsung selama 45 hari dan memulai kembali kehidupan normal.

Setelah 72 hari, pada 30 April, Korea Selatan melaporkan tidak ada infeksi lokal dan tidak ada kasus yang terdaftar pada Sabtu Minggu.

Langkah-langkah anti-Covid-19 juga mempengaruhi pasar Korea Selatan karena mengurangi pembelian masyarakat.

Hal ini menyebabkan perlambatan inflasi negara itu ke level terendah selama enam bulan pada April.

Menurut data Yonhap, inflasi Korea Selatan turun 0,6 persen bulan ke bulan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan delapan kasus impor, sehingga jumlah total kasus di negara itu naik menjadi 10.801.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga