Wako Padang Tetapkan RSUD Rasidin Menjadi Rumah Sakit Khusus Covid-19

Wako Padang Tetapkan RSUD Rasidin Menjadi Rumah Sakit Khusus Covid19 Mahyeldi Ansharullah

Covesia.com - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin menjadi rumah sakit khusus merawat pasien Covid-19.

"Kita sudah mulai menggunakan RSUD Rasidin sebagai rumah sakit yang merawat  Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan kita tak menerima pasien selain covid-19," ungkap Mahyeldi kepada awak media saat melakukan video conference yang di fasilitas I IJTI Sumbar, Rabu (1/4/2020).

Ditambahkan Mahyeldi bahwa pasien selain Covid-19 dipindahkan ke rumah sakit lainnya. "Kita geser dan pindah ke rumah sakit yang lain sampai berlalu covid-19 di Kota Padang, rumah sakit ini khusus merawan PDP dan Covid-19," terangnya.

Adapun rumah sakit lain yang bisa didatangi pasien selain PDP dan Covid-19 seperti Rumah Sakit Aisiah Yarsi, Hermina dan rumah sakit swasta lainnya." Tak ada hambatan untuk pindah ke rumah sakit mana," katanya.

Saat ini, kata Mahyeldi, pihaknya terus berusaha memutus rantai penyebaran virus yang bisa memgancam nyawa ini. Pemko juga sedang mendata masyarakat yang terdampak virus untuk diberi santunan.

Setidaknya 30 persen masyarakat terdampak oleh virus ini dan 70 persen tidak terdampak langsung. "Maka yang terdampak termasuk miskin baru, mereka yang mencari nafkah hari itu dan habis hari itu juga," sebutnya.

Berbagai  komunitas di Kota Padang turun ambil peran untuk mereka yang terdampak seperti, Semen Padang, ACT, Human Initiative, Dompet Dhuafa, dan lainnya bersama-sama bergerak untuk masyarakat kita.

"Kami harapkan juga Partai Politik turut membantu masyarakat. Kita mengharapkan kepada siapa saja yang bisa mengulurkan tangannya untuk membantu yang terdampak Covid-19. Tak tertutup kemungkinan juga pada perantau yang mau mengirim kepada dunsanak atau saudara sesukunya," ungkap Mahyeldi.

Ia menambahkan bahwa banyak persatuan keluarga Padang tersebar dimana-mana kalau mereka mendonasikan, akan memperkecil dampak Covid-19 di Kota Padang.

Disebutkan Mahyeldi bahwa Angka kasus Covid-19 di Kota Padang hari ini, Rabu 1 April 2020, ada 2.727 PPT, 96 ODP, 11 orang PDP, 6 positif, 1 meninggal, 4 negatif, serta satu masih menunggu hasil.

(ila) 

Berita Terkait

Baca Juga