Tempuh Jarak 40 Km, Warga Palembayan Ini Serahkan Hewan Langka ke BKSDA

Tempuh Jarak 40 Km Warga Palembayan Ini Serahkan Hewan Langka ke BKSDA Burung langka Rangkong Badak yang ditemukan warga Agam, Sumatera Barat (Ist)

Covesia.com - Warga Limau Abuang, Jorong Gumarang, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, menyerahkan satu ekor hewan dilindung jenis burung Rangkong Badak ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Seksi Wilayah Satu BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan Didampingi Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra mengatakan hewan dengan nama latin Buceros rhinoceros tersebut ditemuinya saat sedang panen padi, Selasa (31/3) kemaren. 

"Saat panen padi tiba-tiba ada burung jatuh dan langsung ditangkap oleh Erid Strada (30), Setelah itu langsung dibawa ke rumah," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Rabu (1/4/2020).

Mendapat saran dari pamannya Erid kemudian mengantarkannya ke kantor BKSDA Agam di Lubuk Basung yang berada dari kediamannya sekitar 40 km.

Mengapresiasi tindakan tersebut, BKSDA akan memberikan piagam penghargaan kepada warga karena telah menyerahkan burung yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 itu tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

Piagam penghargaan itu nantinya akan diserahkan langsung ke rumahnya.

"Kita mengaprisiasi dan bangga, ada warga yang rela menempuh jalan puluhan meter demi menyelamatkan hewan langka ini," lanjutnya.

Untuk memastikan kondisi hewan itu, BKSDA akan mendatangkan dokter hewan untuk memeriksa kesehatannya, Apabila dinyatakan sehat, maka burung itu akan dilepasliarkan ke habitatnya, namun apabila sakit akan dirawat di lembaga konservasi. Kita akan merawat sampai burung itu sehat dan setelah itu dilepasliarkan," katanya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga